Berita Nasional Terpercaya

Inilah 4 Cara Kuliah Sambil Kerja dan 4 Tips Terbaik yang Teruji

0

Bernas.id – Pendidikan tinggi memang sangat penting untuk dapat menunjang karir dan impian di masa depan. Tidak sedikit perusahaan atau industri terkemuka yang membutuhkan para lulusan minimal sarjana (S1) di berbagai bidang. Mengingat alasan kuliah sambil kerja, tuntutan ekonomi menjadi salah satu faktor bagi masyarakat untuk memilih langsung bekerja daripada melanjutkan pendidikan tinggi perkuliahan.

Selain untuk melatih kemandirian ekonomi, solusi kuliah sambil kerja menjadi salah satu jalan alternatif yang bisa ditempuh agar dapat mewujudkan impian untuk tetap melanjutkan pendidikan tinggi. Beragam metode kuliah sambil kerja dapat dilakukan seperti kuliah sambil kerja online, kuliah sambil kerja sampingan, dan sebagainya.

Di samping itu, di Indonesia sendiri banyak universitas yang bisa kuliah sambil kerja sesuai dengan kampus domisili masing-masing. Beberapa dapat dilakukan di berbagai kota di antaranya seperti kuliah sambil kerja di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cikarang, Makassar, Kediri, Yogyakarta, Pekanbaru, Surakarta, dan sebagainya.

Mau kuliah sambil kerja? bagaimana cara kuliah dan kerja agar lebih efektif serta tepat untuk melakukannya? Termasuk juga bagaimana cara mengatur waktu kuliah sambil kerja yang baik? Berikut ini akan dibahas mengenai informasi kuliah sambil bekerja secara lengkap.

Baca juga: Keduanya Penting, Inilah 7 Tips Kuliah Sambil Kerja

Cara Kuliah Sambil Kerja

Cara Kuliah Sambil Kerja

Berpikir untuk melakukan kuliah sambil kerja? Di Indonesia banyak juga universitas yang bisa kamu pilih untuk kuliah sambil bekerja. Beberapa di antaranya yaitu universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Bali, Jakarta, di Jogja, Surabaya, dan sebagainya. Kemudian, berikut ini akan dibahas mengenai kuliah sambil kerja bagaimana caranya agar bisa dilaksanakan dengan maksimal.

1. Mengambil Kelas Karyawan

Kuliah sambil kerja apakah bisa dilakukan? Tentu saja bagi kamu yang ingin menjadi seorang pekerja sekaligus mahasiswa, maka kuliah sambil bekerja dengan program kuliah kelas karyawan di suatu kampus sangat tepat dilakukan.

Kuliah sambil kerja adalah suatu kegiatan yang melibatkan aktivitas perkuliahan di kampus dengan tetap melakukan rutinitas pekerjaannya dengan baik. Jadi, kuliah sambil bekerja itu merupakan dua hal yang harus memiliki komitmen yang kuat agar keduanya dapat dijalankan dengan baik. 

Di Indonesia sendiri, banyak universitas yang membuka program kuliah kelas karyawan. Keuntungan kuliah sambil kerja tersebut yaitu memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk dapat meningkatkan karir dengan tetap menyandang pendidikan tinggi. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa kuliah sambil kerja itu berat jika tidak dijalankan dengan maksimal dan sepenuh hati.

Beberapa jenis kuliah kelas karyawan ini berupa kelas reguler yang dilaksanakan pada hari-hari weekdays di luar jam kantor, hari weekend dan bersifat fullday, maupun kuliah sambil kerja online. Perjuangan kuliah sambil kerja memang tidak mudah, dibutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi untuk membagi waktu antara kuliah dan kerja.

Baca juga: Mau Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta? Inilah 8 Kampus Terbaik

2. Bekerja Kerja Shift Sore hingga Malam bagi Mahasiswa Reguler

Sebagai mahasiswa dengan program kuliah reguler, keuntungan kuliah sambil kerja sampingan mungkin bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kemandirian. Kebanyakan mahasiswa program kuliah reguler berasal dari universitas negeri. Kuliah di negeri sambil kerja bisa menjadi kegiatan produktif di samping kesibukan tugas kuliah dari kampus.

Memang terkadang, mahasiswa disulitkan dengan pilihan kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah. Tentu, dua hal tersebut menjadi dilema bagi yang ingin menekuni kedua bidang tersebut. Mahasiswa dengan kelas reguler harus bisa membagi waktu dengan baik agar tidak merasakan “kuliah sambil kerja itu berat”.

Maka dari itu, mencari shift kerja di waktu sore hingga malam hari mungkin bisa menjadi waktu kerja yang tepat. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan yaitu sebagai pelayan kafe, guru privat les, penjaga toko, ojek online, dan sebagainya.

Baca juga: Mahasiswa Kelas Karyawan! Selamat Anda adalah Mantu Idaman!

3. Mencari Pekerjaan Online

Menekuni bidang pekerjaan secara online juga bisa menjadi pilihan untuk kuliah sambil kerja online. Beragam teknologi digital saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk melakukan suatu pekerjaan dan menghasilkan uang, seperti menulis artikel online, jasa desain grafis, dan sebagainya.

Tentu saja, kuliah sambil kerja itu berat jika tidak dilakukan dengan maksimal. Perjuangan kuliah sambil kerja juga memiliki lika-liku tersendiri pada masing-masing orang. Maka dari itu, cara mengatur waktu kuliah sambil kerja harus diperhatikan dengan baik agar keduanya berjalan maksimal.

Baca juga: 6 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

4. Menjalankan Bisnis Sendiri

Membuat suatu bisnis sendiri juga bisa menjadi pilihan untuk menjalankan kuliah sambil bekerja. Memang, risiko yang akan ditanggung lebih besar jika bekerja di perusahaan orang lain. Akan tetapi, hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk kuliah sambil kerja online atau offline.

Beberapa bisnis yang saat ini menjadi tren di kalangan mahasiswa yaitu bisnis berbasis online shop. Dalam hal ini, para mahasiswa bisa praktek langsung terkait pekerjaan seperti bidang pembuatan produk dan marketingnya dengan baik.

Baca juga: Inilah Perbedaan Founder, Co-Founder, Owner, CEO, dan COO dalam Perusahaan

Tips Bagaimana Kuliah Sambil Kerja

Bagaimana Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah merupakan dua hal yang terkadang menjadi pilihan bagi mahasiswa, apalagi bagi para mahasiswa yang kuliah sambil bekerja di universitas negeri. Di samping itu, terdapat pula kelebihan dan kekurangan kuliah sambil kerja yang harus dipahami dengan baik. Walaupun begitu, di sini akan dibahas mengenai tips menjalankan kuliah kerja agar keduanya berjalan dengan optimal dan efektif, di antaranya:

1. Ingat Komitmen

Selalu ingat komitmen untuk menjalankan kegiatan kuliah dan kegiatan kerja dengan baik. Walaupun sudah memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang banyak, tetaplah fokus juga untuk menjalankan program kuliah sambil kerja dengan baik.

Di samping itu, komitmen bekerja juga harus ditingkatkan untuk bisa membiayai perkuliahan dengan baik hingga selesai. Apalagi jika kuliah di negeri sambil kerja dengan program kelas regular, tentu saja keduanya harus dilakukan dengan komitmen yang kuat.

Baca juga: 5 Cara Bagi Waktu Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses Keduanya

2. Prioritaskan Kuliah dan Bekerja

Jika kuliah sambil kerja sudah menjadi pilihanmu di awal, maka keduanya harus dijalankan dengan komitmen dan kefokusan yang kuat. Tinggalkanlah sesuatu hal yang akan menunda kegiatan kuliah dan bekerja.

Tentu saja, perjuangan kuliah sambil kerja akan sangat terasa pada saat prosesnya. Akan tetapi, hasil yang akan didapatkan pun akan sangat luar biasa dengan pendidikan tinggi yang akan menunjang karir masa depan.

Baca juga: Jurusan Sarjana Kewirausahaan UNMAHA, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

3. Bijak dalam Mengatur Waktu

Kuliah sambil kerja di universitas negeri itu berat jika tidak dilaksanakan dengan benar. Memang, keputusan untuk menjalankan kuliah sembari bekerja merupakan suatu keputusan yang cukup berat. Waktu menjadi salah satu hal yang harus diatur dengan baik agar keduanya berjalan seimbang dan efisien.

Di samping itu, kamu harus bisa mengatur waktu dengan bijak terkait waktu kuliah, waktu bekerja, dan waktu untuk istirahat serta refreshing. Pembuatan jadwal harian menjadi solusi yang tepat agar dapat mengatur jadwal kuliah sambil kerja dengan baik.

Baca juga: Jurusan Manajemen UNMAHA, 9 Mata Kuliah dan 10 Prospek Kerjanya

4. Selalu Mengembangkan Diri

Memilih untuk kuliah sambil kerja tentu akan sangat banyak menyita waktu untuk kegiatan lainnya. Akan tetapi, kamu harus tetap ingat untuk melakukan pengembangan diri berupa softskill maupun hardskill. Fasilitas layanan internet dapat kamu manfaatkan untuk dapat mengembangkan diri di berbagai hal. Tentu saja, memiliki kemampuan lebih akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan UNMAHA Terbuka Lebar, Mulai Menjadi Diri Sendiri!

Kesimpulan

Itulah beberapa hal terkait cara kuliah sambil kerja beserta tips menjalankan keduanya dengan baik dan efisien. Memilih untuk kuliah dan juga bekerja itu memang berat jika tidak dilakukan dengan tepat. Maka dari itu, kelebihan dan kekurangan kuliah sambil kerja juga harus diperhatikan dengan baik sebelum memulainya. Diperlukannya perjuangan kuliah sambil kerja yang tepat seperti pengaturan waktu dan komitmen dengan baik. Kuliah sambil kerja adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan serius dan bisa melakukan pengaturan waktu yang baik di antara keduanya.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.