Berita Nasional Terpercaya

Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

0

Bernas.id – Kuliah Jurusan Bisnis dituntun dalam mengelola sumber daya yang ada agar usaha yang sedang berjalan ataupun usaha baru dapat berkembang. Jurusan kuliah bisnis ini tentunya dengan dibekali ilmu keuangan, pemasaran, dan organisasi bisnis yang mumpuni.

Pengetahuan dan keahlian mahasiswa lulusan jurusan bisnis adalah kemampuan manajerial yaitu mengelola bawahan agar tercapai tujuan bisnis, kemampuan komunikasi yaitu kemampuan dalam pemilihan kata dan sikap yang tepat dalam menyampaikan pesan kepada orang lain.

Baca juga:  3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Bicara tentang jurusan kuliah bisnis, kemampuan negosiasi yaitu kelebihan perihal kompromi karena adanya perbedaan pendapat dan keinginan. Di samping itu, Kemampuan melakukan observasi juga akan dimiliki lulusan Bisnis karena hal ini penting untuk mengumpulkan data dan informasi guna membuat keputusan. Dari hasil observasi, akan dihadapkan kemampuan analisis untuk mendalami berbagai permasalahan yang ada.

Betapa sangat menarik bukan kemampuan yang dimiliki Jurusan kuliah untuk bisnis? Ternyata Jurusan kuliah bisnis bukan hanya berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis melainkan Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan lainnya.

Jurusan yang berhubungan dengan bisnis yaitu Sistem Informasi Bisnis, Matematika Bisnis, Manajemen Bisnis Unggas, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, Agribisnis dan masih banyak lainnya. Saking aplikatifnya, ilmu ini bisa terpecah di berbagai cabang ilmu lain. Selengkapnya, simak penjelasan tentang info kuliah jurusan bisnis berikut ini!

Baca juga: Daftar Mata Kuliah Jurusan Manajemen yang Dipelajari Mahasiswa

Pengertian Jurusan Bisnis

Pengertian Jurusan Bisnis

Berbekal kemampuan dan skill, sobat akan dicari oleh banyak perusahaan. Bagaimana dengan fresh graduate? Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Tidak perlu khawatir karena bisa memulai karir melalui lewat business development program di suatu perusahaan.

Di samping itu, lulusan kuliah manajemen bisa mencoba di berbagai sektor mulai dari bisnis retail, fast moving consumer goods, fashion, pariwisata, properti, sampai di sektor jasa sekalipun. Bagian yang bisa kamu pilih juga beragam yaitu broker saham, customer service, marketing, dan banyak lagi.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

Umumnya, selama kuliah bisnis di berbagai universitas setidaknya akan bertemu beberapa mata kuliah jurusan bisnis berikut ini:

  • Komunikasi bisnis adalah ilmu yang membekali keterampilan berkomunikasi dalam organisasi publik ataupun privat.
  • Bisnis internasional yang berisi materi seputar akuntansi usaha kongsi, laba rugi, dan menyusun laporan serta memahami berbagai pencatatan akuntansi di berbagai negara.
  • Perilaku konsumen akan mempelajari bagaimana perilaku seseorang dalam membeli, memakai, mengevaluasi dan kebiasaan membuang produk usai digunakan.
  • Penjualan dalam Bisnis adalah suatu usaha merancang strategi guna mendapatkan laba dari hasil penjualan.
  • Business creation adalah sebuah materi untuk menciptakan sebuah peluang usaha baru berawal dari permasalahan di lingkungan sekitar dan bisnis yang ditawarkan merupakan bentuk solusi atas permasalahan tersebut.
  • Business development ini akan mempelajari cara memaparkan dan menulis business plan sehingga akan mengasah kepekaan dalam observasi.
  • Manajemen keuangan merupakan ilmu dalam menjalankan manajemen fungsi keuangan mulai dari raising of fund sampai allocation of fund.
  • Manajemen operasi akan mempelajari satu kegiatan untuk menambah nilai guna pada suatu produk dan transformasi dari input sampai output.
  • Banyak lagi mata kuliah lainnya seperti Manajemen Pemasaran, Perpajakan, Manajemen Strategis, Desain dan Dinamika Organisasi, Decision Analysis, Teknologi Informasi untuk Bisnis, Leadership, Knowledge of Creative Business, Sistem Informasi Manajemen, Ekonomika Strategi, dan sebagainya.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Kuliah di jurusan bisnis dan ekonomi memang harus menentukan pilihan terhadap universitas yang memiliki kredibilitas dalam mencetak lulusan yang profesional dan mendapatkan prospek kerja menjanjikan. Rekomendasi universitas jurusan bisnis baik universitas negeri ataupun swasta berikut ini akan memudahkan kamu dalam memilih tempat jurusan kuliah bisnis terbaik.

Daftar Univeritas Negeri Jurusan Bisnis Terbaik

Daftar Univeritas Negeri Jurusan Bisnis Terbaik

Dalam proses memperoleh gelar sarjana Bisnis kamu harus melalui tahapan 8 semester di sebuah Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta. Berikut adalah info kampus dengan program studi Bisnis terbaik di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia.
  2. Institut Teknologi Bandung.
  3. IPMI International Business School.
  4. Universitas Gadjah Mada.
  5. Universitas Diponegoro.
  6. Prasetiya Mulya Business School.
  7. Universitas Airlangga.

Baca juga: Jurusan Sarjana Kewirausahaan UNMAHA, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Daftar Universitas Jurusan Manajemen Terbaik di Semarang

Daftar Universitas Jurusan Manajemen Terbaik di Semarang

Beralih ke Kota Semarang, karena Ibu Kota Jawa Tengah ini banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Jurusan Bisnis dan tentu menjadi tujuan kebanyakan calon mahasiswa. Berikut adalah info Jurusan Manajemen terbaik di Kota Semarang dan tentu sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT

  1. Universitas Diponegoro Jurusan Manajemen.
  2. Universitas Negeri Semarang Manajemen Sumber Daya Perairan.
  3. UIN Walisongo Semarang Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Universitas Dian Nuswantoro Jurusan Manajemen.
  5. Universitas Islam Sultan Agung Jurusan Manajemen.
  6. Universitas Katolik Soegijapranata Jurusan Manajemen.
  7. Universitas Stikubank Jurusan Manajemen.

Baca juga: Jurusan Manajemen UNMAHA, 9 Mata Kuliah dan 10 Prospek Kerjanya

Daftar Universitas Jurusan Manajemen dan Bisnis di Bandung

Daftar Universitas Jurusan Manajemen dan Bisnis di Bandung

Perusahaan akan semakin selektif untuk mendapatkan SDM unggul dan berkualitas. Siapa takut! Sebagai generasi muda kita juga harus selektif untuk memilih perguruan tinggi yang bisa menjamin masa depan, terutama menjawab kebutuhan dunia kerja di tengah persaingan ketat seperti saat ini.

Di samping itu, kamu yang memilih untuk tinggal di Bandung bisa mencoba kuliah Jurusan Manajemen dan Bisnis di Bandung. Berikut info kampus yang dapat direkomendasikan karena sudah terakreditasi A pada jurusan S1 Manajemen dan Bisnis:

  1.  Institut Teknologi Bandung Jurusan Manajemen dan Kewirausahaan, Manajemen Rekayasa Industri.
  2. Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan  Pendidikan Manajemen Perkantoran, Manajemen Pemasaran Pariwisata, dan Manajemen.
  3. Universitas Padjajaran Jurusan Manajemen Pemasaran.
  4. Universitas Telkom Jurusan Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika.
  5. Universitas Widyatama Jurusan Manajemen.
  6. Universitas Pasundan Jurusan Manajemen.
  7. Universitas Komputer Indonesia Jurusan Manajemen.
  8. Universitas Kristen Maranatha Jurusan Manajemen.
  9. Universitas Katolik Parahyangan Jurusan Manajemen.
  10. Universitas Islam Bandung Jurusan Manajemen.
  11. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Jurusan Manajemen Keuangan Syariah.
  12. Politeknik Negeri Bandung Jurusan Manajemen Pemasaran.

Baca juga: Pendaftaran UNMAHA Dibuka, Universitas dengan Prodi Berkualitas dan Termurah

Kesimpulan

Demikian adalah penjelasan tentang info jurusan kuliah bisnis yang bisa membuka sedikit rencana masa depanmu, yaitu mulai dari rekomendasi universitas terbaik di Indonesia, Semarang, sampai ke Bandung. Semoga langkahmu lebih luas untuk mencapai cita-cita, mengembangkan sampai membangun bisnis sendiri. Semua keunggulan dan fasilitas memadai tentang jurusan kuliah bisnis akan kamu peroleh dari kumpulan Perguruan Tinggi di atas.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.