Berita Nasional Terpercaya

12 Rekomendasi Kuliah Tata Boga di Universitas Jurusan Kuliner

0

Bernas.id – Bidang kuliner semakin menemui puncak kepopulerannya seiring berkembangnya sektor pariwisata dan sekolah tata boga. Tidak heran jika akhir-akhir ini kuliah jurusan Tata Boga di universitas sangat digemari anak muda.

Ketika kuliah tata boga, kamu akan menguasai empat aspek yang mencakup kandungan dan kebutuhan nutrisi, citarasa, kualitas, dan keindahan tampilan. Kamu juga akan mendalami olahan makanan atau kuliner dari mulai Indonesia, western food, oriental food, dan lain-lain. Selain empat aspek utama tadi sanitasi dan higienitas juga akan kamu pelajari detail di universitas jurusan kuliner.

Kuliah tata boga ini tentu saja tidak ada hubungannya dengan gender, karena profesi utama di bidang kuliner tidak sedikit dari kaum laki-laki yang mengincarnya. Sering mendengar nama Chef Juna, Chef Arnold, sampai Gordon Ramsay, kan?

Jurusan Tata Boga sangat diperlukan selama manusia masih butuh makan dan minum. Jadi tidak perlu khawatir setelah lulus sekolah kuliner ini. Pasalnya, kamu akan mengalami masa menganggur jika aktif berkarya di dunia kuliner.

Banyak profesi yang bisa kamu pilih mulai dari chef, baker, barista, bartender, head cook, entrepreneur di bidang kuliner, dan masih banyak lagi. Paling sederhana saja, menjadi seorang pedagang kaki lima yang menyuguhkan makanan lezat saja omzet per hari bisa mencapai Rp 500.000 ke atas, bagaimana dengan satu bulannya? Menggiurkan bukan menekuni Jurusan Tata Boga?

Baca juga: Universitas Jurusan Arsitektur UNMAHA Jadi Favorit di Jogja, Inilah Keunikannya!

Rekomendasi Universitas untuk Kuliah Tata Boga

Rekomendasi Universitas untuk Kuliah Tata Boga

Banyak Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang berlomba-lomba membuka jurusan kuliner tersebut karena melihat prospek kerja yang menjanjikan dan biaya sekolah tata boga terjangkau. Berikut rekomendasi kampus yang membuka Jurusan Tata Boga terakreditasi A:

1. Universitas Negeri Jakarta

Jurusan Tata Boga di sini khusus mendidik kamu menjadi seorang pengajar, jadi kamu akan lulus dengan gelar S.Pd. Namun jangan khawatir karena UNJ akan memberikan pengetahuan berupa pengelolaan toko kue yang bisa kamu pilih ketika kamu ingin memiliki usaha toko kue. Tenang saja karena sekolah tata boga ini sudah terakreditasi A-BAN PT.

2. Universitas Negeri Malang

Sama halnya dengan UNJ, Universitas Negeri Malang juga membuka program studi Pendidikan Tata Boga. Akan tetapi kalau kamu lebih ingin terjun di dunia kuliner daripada pendidikan, kamu bisa mengambil D3 Tata Boga yang akan lebih fokus dalam pengendalian mutu makanan, pengolahan makanan, dan desain boga, serta hal lain yang berkaitan dengan kuliner.

Baca juga: Kuliah di Sains Informasi Geografi (SIG) Jurusan Langka, Tinggi Potensi Kerjanya

3. Universitas Pendidikan Indonesia

Dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau, UPI memiliki jurusan Pendidikan Vokasi Seni Kuliner dengan tiga peminatan yaitu Pastry, Jasa Boga, dan Dietetika. Ini menjadi salah satu pertimbangan untuk calon mahasiswa tata boga ketika membandingkan biaya kuliah tata boga di universitas ini.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Di UNY kamu akan menemui program studi Pendidikan Teknik Boga yang fokus mempelajari ilmu Tata Boga, beda halnya dengan D3 Tata Boga yang secara langsung akan berkutat  dalam pengelolaan makanan, karakteristik bahan, perencanaan resep serta menu, pengaturan nutrisi yang ideal, penyajian, dan sebagainya. Jurusan tata boga ini juga sudah terakreditasi A semua.

Baca juga: Daftar Kampus Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia

5. Tristar Culinary Institute

Kuliah Tata Boga di Surabaya? Tepat sekali kalau kamu memilih Tristar Culinary Institute. Memiliki dua kampus yaitu di Jakarta dan Surabaya dan merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia jurusan Tata Boga. Peminatan yang ditawarkan yaitu  Culinary Business, Baking and Pastry Art, dan Culinary Art.

6. The Sages Institute International

Salah satu kampus Tata Boga bertaraf internasional ini terletak di Kota Surabaya juga. Program studi yang dimiliki yaitu Hospitality Course, Baking Pastry, Gastronomy, and Culinary Art.

Baca juga: Mau Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta? Inilah 8 Kampus Terbaik

7. Indonesia Patisserie School (IPS)

Faktanya, IPS adalah sekolah pertama di bidang kuliner yang ada di Indonesia. Khusus mempelajari dan menjadikan mahasiswanya profesional di bidang peranan dan pastry dengan cara bergabung dalam pendidikan sekolah tata boga ini.

8. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Kuliah Tata Boga di Yogyakarta tidak hanya bisa kamu dapatkan di UNY, melainkan di Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua dan tentu sudah memiliki akreditas A BAN-PT. Berstatus sebagai sekolah vokasi, kampus ini mendidik mahasiswanya untuk mampu bersaing di dunia kerja.

Baca juga: Inilah 7 Kampus Jurusan Arsitektur di Jogja 2021, Prioritas No.7!

9. Universitas Negeri Surabaya

Program studi Tata Boga di Universitas Negeri Surabaya ini sama halnya di PTN yang lain, kamu akan bertemu dengan peminatan dekorasi boga, bakery, pastry, dan manajemen usaha boga.

10. Bali Culinary Pastry School

Untuk informasi lebih detail, kamu bisa berkunjung ke https://baliculinarypastryschool.com/. Sekolah tata boga di Bali ini bisa menjadi rekomendasi terbaik karena akan lebih sering praktek memasak dan belajar langsung melakukan bisnis kuliner.

Baca juga: Cara Kuliah di Luar Negeri dan Info Universitas yang Ada Beasiswa

11. Universitas Negeri Semarang

Sama halnya dengan kampus lain, UNNES juga memiliki jurusan Pendidikan Tata Boga yang sudah terakreditasi A BAN-PT. Sekolah tata boga di Semarang ini tergabung dengan beberapa jurusan kuliah kependidikan lainnya.

12. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan juga memiliki program studi Pendidikan Tata Boga yang sangat diburu calon mahasiswa karena fasilitas yang dimiliki cukup memadai dan sudah terakreditasi A.

Baca juga: Rekomendasi Pengusaha untuk Universitas Mahakarya Asia, Simak Jurusannya!

Kesimpulan

Demikian 12 rekomendasi kuliah Jurusan Tata Boga di Jakarta, Surabaya, Medan, Bali, Semarang, Jogja, dan Bandung. Semoga sukses! Bagi yang belum menentukan yang cocok semoga segera dipertemukan dengan kampus yang kriterianya kalian cari. Selamat membandingkan dan memilih kampus tata boga impianmu.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.