Berita Nasional Terpercaya

Apa Itu Latar Belakang? Ini Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

0

Bernas.id – Sebuah tulisan berupa artikel, karya ilmiah, esai, skripsi, ataupun jenis tulisan lain sangat membutuhkan sebuah latar belakang. Penulisan latar belakang di sini bermanfaat untuk menunjukkan hal-hal yang menjadi dasar suatu tulisan untuk dibuat serta dibaca oleh para pembaca.

Jenis tulisan yang baik salah satunya yaitu memiliki latar belakang kuat dan teori yang mendukung dengan tepat. Isi latar belakang pun harus mampu memperkuat isi dan maksud tulisan yang ingin dibuatnya. Maka dari itu, cara pembuatan latar belakang yang baik dan benar harus dipelajari sebelum masuk ke dalam inti tulisan.

Lalu, apa itu latar belakang dan bagaimana cara membuat latar belakang? Selain itu, apa itu tujuan latar belakang dan strukturnya? Berikut ini akan dibahas mengenai penjelasan latar belakang beserta dengan tujuan dan struktur penulisannya.

Baca juga: Cara Mudah Menulis Artikel dengan Baik dan Benar

 

Pengertian Latar Belakang

Pengertian Latar Belakang

Apa yang dimaksud dengan latar belakang? Maksud dari latar belakang adalah sebuah halaman yang ditulis oleh penulis atau penyusun baik itu berupa buku atau laporan karya ilmiah yang secara umum akan memberikan pemahaman terkait tujuan dan keinginan penulis kepada para pembacanya. Penjelasan latar belakang di sini harus ditulis dengan kalimat yang jelas dan sesuai dengan fakta yang ada.

Disisi lain, arti dari latar belakang dapat dijadikan sebagai dasar utama bagi penulis untuk memberikan pemahaman kepada para pembaca terkait maksud tulisannya baik tulisan buku atau penelitian. Selain itu, isi latar belakang juga ditulis untuk memberikan pembahasan secara garis besar terkait apa yang ingin dibahas pada karya tulis tersebut. 

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

 

Hal Penting Sebelum Membuat Latar Belakang

Hal Penting Sebelum Membuat Latar Belakang

Sebagian orang pasti masih bingung bagaimana cara membuat latar belakang suatu tulisan dengan baik. Maka dari itu, di sini akan dijelaskan tentang cara penulisan latar belakang yang baik dan benar.

Sebelum itu, beberapa poin penting yang harus diperhatikan untuk menentukan latar belakang yaitu:

  1. Penulisan latar belakang harus ditulis berdasarkan pada ide-ide atau alasan yang rasional dan esensial. Dalam hal ini, latar belakang harus ditulis berdasarkan pada fakta dan data yang ada. 
  2. Latar belakang biasanya terdiri dari gejala-gejala atau permasalahan yang ada di lapangan atau kondisi tertentu, baik berupa masalah politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

Baca juga: 100+ Kata Baku dan Kata Tidak Baku, Fungsi, dan Ciri-cirinya

 

Cara Membuat Latar Belakang

Cara Membuat Latar Belakang

Latar belakang harus berisi penjelasan yang menjadi alasan untuk menulis suatu topik. Maka dari itu, cara menyusun latar belakang yang baik dan benar agar mudah dipahami oleh pembaca yaitu:

1. Latar Belakang Harus Ditulis Secara Ideal

Latar belakang penulisan yang ideal yaitu visi dan misi yang ingin dituliskan oleh penulis harus jelas arah dan tujuannya. Tentu saja, visi misi yang bermutu dan berbobot mampu membuat para pembaca tertarik dengan hasil tulisan tersebut. Oleh karena itu, penulisan tujuan dan hal yang diinginkan oleh penulis harus disampaikan dengan baik kepada para pembacanya. 

2. Latar Belakang Ditulis Berdasarkan Permasalahan yang Update

Penulisan latar belakang makalah, latar belakang karya ilmiah, latar belakang artikel, latar belakang skripsi, latar belakang proposal, latar belakang paper, latar belakang laporan, latar belakang buku, dan sebagainya secara keseluruhan harus ditulis berdasarkan fakta. Secara teknis dan teori, penulisan latar belakang ini bisa mengangkat tema tentang keresahan ataupun permasalahan yang sedang terjadi. Permasalahan tersebut nantinya akan menjadi alasan para penulis untuk mengangkat tema tulisan tersebut.

3. Mencari Solusi Permasalahan

Tips membuat latar belakang selanjutnya yaitu mencari solusi terhadap permasalahan yang sudah ada sebelumnya. Jadi, di dalam latar belakang penulisan, pembahasan singkat terkait solusi juga harus ditulis. Solusi inilah yang nantinya berguna untuk masuk ke dalam pokok pembahasan lebih lanjut.

4. Melakukan Perbandingan Terhadap Penelitian atau Penulisan Sebelumnya

Pada sebagian penulisan latar belakang, biasanya penulis akan melakukan perbandingan terhadap penulisan atau penelitian sebelumnya. Penulisan sebelumnnya tersebut tentunya harus sesuai dengan tema atau tulisan yang ingin diangkat atau ditulisnya.

Baca juga: 35 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

 

Contoh Penulisan Latar Belakang

Sebelumnya sudah dibahas tentang arti dari latar belakang, cara penulisan latar belakang, disertai dengan tujuan dan struktur penulisannya. Untuk itu, contoh penulisan latar belakang sebenarnya juga terdapat perbedaan pada masing-masing jenis tulisan seperti artikel, karya ilmiah, skripsi, laporan, makalah, dan sebagainya.

Secara keseluruhan, penulisan latar belakang ini tidak memiliki banyak aturan yang detail. Latar belakang harus ditulis berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan dengan benar. Maka dari itu, penulisan latar belakang terhadap jenis-jenis tulisan tersebut harus ditulis sesuai dengan ketentuan dan fakta yang ada. 

Baca juga: Bagaimana Menuliskan Biodata Narasi yang Berkesan Bagi Penulis Pemula?

 

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait cara penulisan latar belakang pada suatu jenis tulisan, baik berupa artikel, makalah, laporan, karya ilmiah, skripsi, ataupun bentuk tulisan ilmiah lainnya. Tujuan latar belakang juga harus ditulis dengan baik agar dapat dipahami oleh para pembacanya. Di sisi lain, struktur latar belakang dan penjelasan latar belakang juga harus dipahami dengan baik agar penulisan latar belakang bermakna dengan jelas dan alur tulisan mudah dimengerti.

Baca juga: MAU KULIAH YANG PASTI BISA KERJA? PELAJARI SKILL KARIR PALING DICARI 5 TAHUN MENDATANG

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.