Berita Nasional Terpercaya

Pengertian Webinar, Fitur, Jenis, Cara Kerja, dan Kelebihannya

0

Bernas.id – Penyampaian informasi kini dengan mudah diterima melalui media internet. Setiap aktivitas diskusi tatap muka dapat Anda lakukan melalui webinar online. Aktivitas seperti forum, rapat, atau jenis seminar online lain dapat Anda lakukan menggunakan webinar yang interaktif.

Jika Anda baru mengenal webinar, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, apa itu webinar? Bagaimana cara kerja webinar? Mengapa webinar sangat efektif? Apa saja jenis-jenis webinar? Bagaimana cara membuat dan menyelenggarakan website seminar dengan webinar?

Dalam artikel ini, saya akan memberi Anda kursus kilat tentang apa itu webinar, bagaimana Anda dapat membuat webinar dan menampilkan banyak contoh untuk menjawab semua pertanyaan terkait webinar yang ada di benak Anda. Mari selami.

Baca juga: Ini 7 Alasan Mengapa Telegram Marketing Bagus untuk Bisnis Kamu

 

Pengertian Webinar

Webinar adalah konferensi video langsung berbasis web yang menggunakan internet untuk menghubungkan individu atau kelompok penyelenggara dengan audiens dan pendengar dari seluruh dunia. Tuan rumah dapat menunjukkan diri mereka sebagai narasumber dengan beralih ke layar komputer mereka untuk presentasi. Bahkan dapat mengundang tamu dari lembaga/instansi lain untuk menjadi narasumber.

pengertian webinar dan manfaatnya

Mengapa Menyelenggarakan Webinar Sangat Efektif?

Secara umum, webinar digunakan untuk memberikan presentasi pendidikan yang terkait dengan bisnis atau organisasi dan agar saling terhubung dengan cara yang lebih dekat. Manfaat utama adalah, kegiatan terjadi secara real-time yang memudahkan anggota audiens untuk berinteraksi dengan pembawa acara maupun narasumber.

Sederhananya, jika Anda ingin mempelajari sesuatu tentang topik minat tertentu, webinar adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas pengetahuan Anda dengan belajar langsung dari ahlinya. Namun jika Anda sendiri seorang ahli, maka bisa memperluas ilmu dengan berbagi ke sesama yang Anda terhubung dengan fitur webinar yang Anda selenggarakan.

Baca juga: Mau Bebas Webinar Tanpa Gangguan? Yuk Membuat Ruang Kedap Suara

 

Apa Saja Fitur Webinar?

fitur-fitur webinar

Webinar menawarkan beragam fitur yang dapat dengan mudah digunakan. Di antara manfaat dari fitur webinar adalah berikut ini:

  1. Menampilkan slide: Biasanya selama sesi presentasi maupun diskusi panitia akan menampilan file presentasi slideshow baik menggunakan Microsoft PowerPoint, Apple's Keynote atau yang lainnya.
  2. Streaming video: penyelenggara acara/panitia dapat menampilkan video yang disimpan di komputer mereka atau ditemukan online, seperti di YouTube.
  3. Bicaralah dengan audiens: Webinar menggunakan VoIP untuk memungkinkan komunikasi audio waktu nyata.
  4. Rekam semuanya: Webinar sering memberikan opsi bagi penyelenggara acara/panitia untuk merekam seluruh presentasi mereka termasuk semua visual dan audio.
  5. Sunting: penyelenggara acara/panitia dapat menggunakan mouse mereka untuk membuat anotasi, menyorot sesuatu, atau membuat tanda di layar.
  6. Obrolan: penyelenggara acara/panitia dapat membuka kotak obrolan untuk obrolan teks dengan audiens, yang sangat membantu bagi anggota audiens yang ingin mengajukan pertanyaan.
  7. Melakukan survei dan jajak pendapat: Dari banyaknya audien yang hadir juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan survei yaitu dengan memberikan pertanyaan maupun jejak pendapat perihal suatu topic maupun produk.

Baca juga: Bersiap Adaptasi Tahun Ajaran Baru, Kemdikbud Luncurkan Seri Webinar Guru Belajar

 

Bagaimana Cara Kerja Webinar?

perangkat lunak konferensi webinar

Bergantung pada layanan yang digunakan penyelenggara acara/panitia, Anda mungkin perlu mengunduh aplikasi komputer terlebih dahulu untuk mengakses webinar. Beberapa host juga mengharuskan Anda untuk memesan tempat dengan mengklik tautan di email undangan terutama jika webinar mengizinkan jumlah penonton yang terbatas.

Anda juga bisa mengatur pengingat webinar satu atau setengah jam acara berlangsung secara otomatis melalui sebuah email, WhatsApp, maupun pesan singkat lainnya. Ketika tiba waktunya, peserta mengakses tautan khusus atau kata sandi yang sudah diberikan oleh host webinar untuk masuk ke room. 

Beberapa pembawa acara (host) akan memberikan akses kepada pemirsanya (peserta webinar) berupa pemutaran ulang webinar apabila ada peserta yang tidak dapat hadir. Fitur webinar ini sangat membantu untuk tetap memberikan informasi kepada peserta. Webinar juga memungkinkan untuk berbagi semua jenis file ke peserta termasuk catatan suara, video, presentasi dan dokumen lainnya, dll.

Baca juga: Inilah 10 Situs Kuliah Online Gratis Dapat Sertifikat Terbaik

 

Penyedia Layanan Webinar

penyedia layanan webinar

Adanya banyak aplikasi webinar gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk menyelanggarakan meeting atau conference secara online. Beberapa aplikasi webinar paling digemari adalah penyedia layanan webinar berikut ini:

1. GoToWebinar

Banyak profesional menggunakan yang satu ini. Sebagai salah satu platform webinar paling populer saat ini, Anda dapat memulai GoToWebinar dengan uji coba gratis selama 14 hari.

2. AnyMeeting

AnyMeeting adalah pilihan platform webinar populer lainnya dan menawarkan paket yang lebih murah daripada GoToWebinar bersama dengan uji coba gratis 30 hari. Ini memiliki opsi berbagi layar yang hebat, integrasi media sosial, dan berbagai alat manajemen juga.

3. Zoom

Zoom adalah alat pendukung webinar yang menyediakan paket gratis selama 40 menit kepada penggunanya. Jika ingin layanan tanpa batasan waktu dan peserta maka bisa menyewa zoom premium dengan harga terjangkau mulai dari Rp 25.000.

4. Google Meets

Google Meets adalah alat yang disediakan google secara gratis untuk sebuah komunikasi video tanpa ada batasan waktu dan peserta. Cara membuat webinar gratis bisa Anda lakukan menggunakan platform seminar dari Google ini.

Baca juga: 7 Cara Hemat Kuota Saat Jalani Kuliah Online Selama Pandemi COVID-19

 

Kelebihan Webinar

kelebihan webinar

Ini hanyalah beberapa alasan mengapa webinar meledak dalam popularitas belakangan ini. Setidaknya memiliki enam kelebihan sebagai berikut: 

  1. Karena webinar adalah acara online, mereka nyaman bagi penyaji dan peserta karena Anda dapat menyelenggarakan dan menghadiri webinar langsung dari kenyamanan kantor (atau rumah) Anda.
  2. Tidak perlu mengkhawatirkan kuota peserta karena dapat diikuti lebih dari 100 orang.
  3. Webinar dapat direkam sebelumnya dan diputar kapan saja untuk peserta. Ini membuatnya lebih mudah untuk disiapkan, digunakan kembali, dan hemat anggaran dibandingkan dengan acara tatap muka.
  4. Acara offline memiliki kelebihannya sendiri, tetapi dengan webinar langsung, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk memikirkan penyewaan tempat, makanan, minuman, atau memastikan peralatan presentasi Anda berfungsi.
  5. Orang-orang telah menggunakan webinar secara kreatif untuk pendidikan, pemasaran, penjualan, branding, sumber daya manusia, orientasi pengguna, dll. Jadi, ketika sampai pada apa yang dapat Anda lakukan dengan webinar: langit adalah batasnya.
  6. Banyak alat webinar hadir dengan papan tulis interaktif, survei dan jajak pendapat, fitur obrolan langsung yang menjadikannya jauh lebih dipersonalisasi, menarik, dan interaktif untuk audiens Anda.

Baca juga: 10 Tips Mahasiswa Baru Memulai Kuliah Online untuk Raih IPK Tinggi

 

Apa Saja Jenis-jenis Webinar?

jenis-jenis webinar

 

1. Webinar untuk pemasaran, pembuatan prospek, dan kemitraan

Ketika berbicara tentang generasi pemimpin, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Membuat kertas putih industri yang mendalam,
  2. Menerbitkan studi kasus untuk mempromosikan produk Anda, dan
  3. Merancang ebook dan menawarkannya sebagai magnet utama.

Namun, keuntungan terbesar untuk pemasaran Anda dapat berasal dari hosting webinar karena prospek berkualitas tinggi yang mereka bantu hasilkan. Perusahaan seperti Drift, ConvertKit, G2, dll telah berhasil memanfaatkan webinar untuk meningkatkan kinerja dan pendapatan. Jika webinar berhasil untuk mereka, mereka juga dapat bekerja untuk Anda bukan? 

2. Webinar untuk pendidikan

Webinar telah meledak dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir sebagai alat pembelajaran yang kuat, tidak hanya untuk pemasar tetapi juga untuk sekolah dan universitas.

Untuk pendidik, webinar adalah cara terbaik untuk menjangkau dan melibatkan siswa. Tidak diperlukan ruang kelas. Bagi siswa, mereka bisa belajar dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Karena pandemi, perguruan tinggi dan universitas telah beralih ke pembelajaran jarak jauh. Jadi webinar sebagai alat pembelajaran telah melonjak popularitasnya.

Baca juga: 10 Aplikasi untuk Kuliah Online Saat Pandemi COVID-19

3. Webinar untuk demo produk

Perusahaan telah mulai mengadopsi webinar untuk demo produk guna menjual produk mereka secara strategis dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan calon pelanggan.

Kapan waktu yang ideal untuk mulai menggunakan webinar untuk demo produk? Jawabannya: Sekarang!

4. Webinar untuk pelatihan karyawan

Alat webinar dapat berfungsi ganda sebagai perangkat lunak rapat dan alat pelatihan untuk melatih karyawan baru dan yang sudah ada. Di tengah pandemik yang tidak memungkinkan untuk berkumpul dalam jumlah tim yang besar maka webinar adalah solusi tepat.

5. Webinar untuk orientasi dan retensi pengguna

Jika Anda adalah perusahaan Software as a Service (SaaS), Anda tahu betapa pentingnya orientasi dan retensi pelanggan untuk keuntungan bisnis Anda. Anda mungkin sudah memiliki alur orientasi dalam produk Anda, tetapi bukanlah ide yang buruk untuk menjelaskan kepada pelanggan baru Anda cara kerja produk Anda dengan mengundang mereka ke webinar orientasi pengguna.

Baca juga:  Alasan Jurusan Akuntansi Menjadi Profesi yang Populer dengan Prospek Kerja Tinggi

Kesimpulan

Sekarang Anda mengetahui dasar-dasar segalanya mulai dari apa itu webinar, jenis-jenis webinar, dan perangkat lunak konferensi webinar yang Anda perlukan untuk menyelenggarakan webinar. Jika Anda siap untuk mulai pastikan untuk mengetahui cara membuat webinar yang mendidik dan memikat audiens Anda terlepas dari industri atau profesinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.