Berita Nasional Terpercaya

7 Tips Menjadi Hacker Profesional dan Website Belajarnya

0

Bernas.id – Apabila anda berkeinginan untuk menjadi hackeer itu tidak masalah. Meskipun banyak dari masyarakat yang beranggapan kurang baik terhadap profesi pretas. Pada kenyataannya hanya sedikit hacker yang bertindak kejahatan.

Seorang hacker yang profesional umumnya bekerja untuk kepentingan masyarakat luas. Contohnya, Anonymous, sekelompok hacker professional yang selalu berjuang untuk meraih kebebasan.

Bagi anda yang ingin menjadi seorang hacker, tentunya anda harus mempelajari terlebuh dahulu tekait website coding berikut ini. Mari simak penjelasan tentang hacker dan cracker berikut ini.

Baca juga: Inilah 4 Hacker Baik Dunia. No 4 Asli Indonesia Lho

Daftar Isi :

  1. Mengetahui Profesi Hacker Secara Mendalam
  2. Tips Menjadi Hacker yang Professional
  3. Website Untuk Belajar jadi Hacker

Mengetahui Profesi Hacker Secara Mendalam

Mengetahui hacker secara mendalam

Munculnya hacker atau peretas merupakan profesi yang banyak diperbincangkan. Munculnya profesi tersebut karena adanya kemajuan teknologi. Para hacker atau peretas merupakan orang-orang yang membuat jejaring internet, bahkan hacker ini juga yang menerbitkan WWW (world wide web) sehingga sekarang ini anda bisa mengakses berbagai website.

Dilihat dari sejarahnya, hacker mempunyai dua definisi yang berbeda-beda. Pada definisi pertama dari hacker adalah ahli pemograman yang muncul sebelum internet dikenal oleh masyarakat luas. Sementara pengertian hacker kedua itu banyak dikenal oleh masyarakat luas, munculnya profesi ini ditandai dengan diluncurkannya internet dan website, para hacker inilah yang yang membobol sistem keamanan suatu website demi kepentingan tertentu. Hacker yang seperti itu dikatakan sebagai cracker yang artinya perusak.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Tips Menjadi Hacker yang Professional

Tips menjadi hacker

Setelah dibahas perbedaan hacker dan craker tentunya anda tidak ingin menjadi seorang craker atau perusak sistem keamanan. Menjadi seorang craker pastinya akan melanggar hukum negara yang berlaku, dengan menjadi cracker tidak membuat anda paham dan mengerti dengan betul bagaimana sistem berjalan dengan benar dan seutuhnya. Sementara menjadi seorang hacker paham seluruh beluk produk digital hingga dengan sistem keamanannya dan craker hanya mempelajari tentang sistem keamanan supaya mereka mampu memperoleh berbagai manfaat demi kepentingan pribadi.

Di bawah ini merupakan tips menjadi hacker yang profesional :

1. Kuasailah LINUX maupun UNIX

Sekarang ini tentunya banyak orang menggunakan internet akan tetapi belum paham dan mengerti bagaimana internet bisa sampai di komputer dan di hp setiap orang, nah dengan memahami sistem operasi ini, tentunya anda bisa menjadi peretas yang profesional. Sistem yang sekarang ini menggunakan dasar UNIX. Kepanjangan dari UNIX adalah Uniplexed Information and Computing System. Sedangkan untuk kepanjangan dari LINUX ialah Linus Torvald’s UNIX dimana nama tersebut diturunkan dari nama penemunya.

2. Pelajari beberapa bahasa pemrogaman

Setelah paham cara menjadi hakcer dengan mempelajari sistem operasi berjalan, pada saat ini anda mengerti bagaimana komputer memahami apa yang anda inginkan. Komputer juga mempunyai bahasa yang tentuya berbeda dengan bahasa Inggris. Pemahaman tekait  basic bahasa Inggris maka bisa sebagai penunjang dalam memahami bahasa komputer. Phyton, Javacript, C atau C++. Semuanya memiliki penggunaan yang berbeda- beda. Nah semakin banyak yang anda kuasai maka tentunya akan semakin kompeten kemampuan anda sebegai peretas atau hacker.

3. Hacker Tidak Mengekspos Infomasi di Dunia Maya

Di jejaring sosial apalagi di era seperti ini banyak oramg-orang yang menunjukkan eksistensinya. Apabila memiliki profesi seorang peretas (hacker) akan lebih amanbagi anda jika tidak mengekspos informasi pribadi di jejaring atau media sosial. Hindarilah nama pribadi atau nama anggota keluarga, singkatan nama anda, dan penggunaan nomor yang merupakan gabungan dari tanggal lahir dan juga informasi- informasi lain yang memudahkan peretas/ hacker untuk mengetahui identita asli anda.

4. Jelajahi Hidden Web

Dark web adalah bagian yang tidak terpisahkan dari internet yang tidak akan anda temukan di situs pencarian konvensional yaitu Google, Bing, maupun Yahoo. Anda wajib untuk menggunakan aplikasi browser yang jarang digunakan oleh orang misalnya Tor Browser. Dengan menggunakan browser tersebut maka dapat mendukung anonymous communication bagi penggunanya. Selain itu, Tor Browser juga merupakan aplikasi open source dilengkapi dengan bahasa pemograman C dan juga Phyton. Sebagai tambahan informasi, tidak semua yang ada di dark web merupakan hal yang legal. Anda harus memastikan dan menjelajah hiden web dengan aman dan juga penuh kesadaran.

5. Pelajari Website yang Sering Anda Kunjungi

Setelah anda paham terhadap sistem dan bahasa yang digunakan, maka anda bisa menjelajahi situs web yang biasa dikunjungi. Lalu perhatiakan alur situs web tersebut sampai bisa untuk diakses. Dan untuk selanjutnya, pelajarilah bagaimana siste keamanan website tersebut dapat mengamankan diri dari tangan- tangan cracker yang tidak bertanggung jawab.

6. Melakukan Eksperimen dan Praktik Merupakan Sebuah Kunci

Sangat banyak situs web yang dapat dijelajahi dan juga eksperimen yang dapat dilakukan. Menjaadi seorang peretas atau hacker merupakan sebuah profesi yang menyenangkan, tentunya jika anda senang dalam menyelesaikan suatu masalah. Mempelajari banyak situs web yang akansitus web sampai aplikasi yang ada di ponsel. 

7. Bergabung dengan Komunitas

Dengan belajar langsung dengan ahlinya merupakan suatu kunci keberhasilan. Para hacker atau peretas tentunya mempunyai komunitas dimana dengan adanya komunitas tersebut tentunya dapat mengembangkan sayap dan juga dapat mengedukasi masyarakat luas. Tidak hanya itu,dengan bergabung dengan komunitas maka anda bisa memulai dengan mengakses Reddit dan juga mulai mencari komunitas yang ada disekitarmu.

Baca juga: Inilah 6 Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) yang Efektif

Website untuk Belajar Jadi Hacker

Website untuk hacker

Setelah mempelajari bagaimana cara menjadi hacker, di bawah ini merupakan website yang dapat anda kunjungi guna memperdalam kapabilitas anda untuk menjadi secorang hacker.

1. Cybrary

Cybrary ialah situs web yang merekomendasikan hacker untuk memahami dan juga mempelajari cybersecurity. Lebih dari 3 juta profesional dan pilihan produk yang ditawarkan baik itu dari gratis hingga 50 dollar Amerika Serikat per bulannya. Kamu dapat memperoleh kursus terait Ethical Hacking, Cryptography, dan bahkan Malware Analysis dan Reverse Engineering.

2. Security Tub 

Situs ini berbagi video. Security Tube diluncurkan di tahun 2008. Dalam situs ini lebih fokus terhadap penyelesaian masalah dan juga ethical hacking.

3. EDX

Situs ini adalah tempat mempelajari Python, Blockhain, atau ingin memahami Full-Stack Development seperti murid-murid Harvard atau MIT. Situs EDX ini langsung bekerjasama dengan perusahaan papan atas dunia dimana akan menyediakan kelas-kelas computer science yang bisa hadir di layar komputermu.

4. Sans Cyber Aces

Situs ini memberikan kelas training cyber security dan information security yang modalnya juga agak mahal. Biayanya bis menyentuh USD 5.000, namun biaya yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang didapatkan. Hal ini karena peserta pelatihan akan dipandu langsung oleh profesional yang ahli dalam bidangnya. Dengan demikian akan memberikan manfaat  bagi kemampuan anda dalam meretas atau menjadi seorang hacker atau peretas.

5. HTML

HTML atau HyperText Markup Language ialah bahasa markah yang berfungsi dalam membuat sebuah halaman website. Bahasa pemogrograman ini menyediakan banyak informasi website dan juga format hiperteks sederhana yang ditulis dalam bentuk berkas format ASCIL. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi. Dengan anda bisa menguasai HTML, maka anda ( seorang hakcer) akan mampu untuk memahami tindakan website, respons, dan yang lainnya.

6. Javascipt

Javascirpt merupakan bahasa pemograman HTML dan juga website yang berguna di website interface atau intermuka yang lebih baik dan juga mempunyai respon yang cepat. Dengan mempelajari Javascript, anda bisa mengerti mekanisme client-side untuk menemukan kelemahannya.

7. PHP

PHP merupakan bahasa pemograman yang digunakan dalam hal penanganan, pembuatan dan juga situs. Tidak hanya itu, bisa juga digunakan secara bersamaan dengan HTML. Dengan hal tersebut maka seorang hacker atau peretas bisa melakukan pengawasan berbagai hal di situs dan server.

8. SQL

SQL adalah bahasa yang berguna dalam hal akses data relasional. SQL berguna untuk mengelola informasi yang sensitif mislanya kredensial pengguna, rincian pengguna dan juga rincian bank. Dengan demikian, hacker bisa mempelajari dan juga memahami informasi yang bersifat sensitif dari website.

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika UNMAHA: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Demikian berbagai tips untuk menjadi hakcer atau peretas yang profesional. Tentunya anda harus juga mempelajari website yang telah dijelaskan di atas guna memudahkan anda untuk meraih impian anda menjadi seorang hakcer. Nah apabila anda sudah paham terkait hal tersebut, gunakan lah dalam hal kebaikan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.