Berita Nasional Terpercaya

Cara Merger File PDF di HP dan Komputer Terlengkap

0

Bernas.id – Jika Anda ingin mengedit file PDF Anda dan tidak tahu apa yang akan membantu, mari kita lihat ulasan artikel berikut ini. Pekerjaan Anda sebagai pekerja kantoran atau pelajar atau mahasiswa yang sudah pasti mengharuskan untuk menangani banyak dokumen digital, banyak diantaranya dalam bentuk PDF.

PDF adalah format favorit semua orang karena tidak mudah rusak ketika dipindah ke perangkat yang lain. Formatnya kompak, mudah digunakan, dan terjangkau. Namun suatu saat tertentu Anda akan menemukan permasalahan dalam file PDF. Dan itu adalah tantangan nyata. Biarkan saya memberitahu Anda tentang cara menggabungkan file format PDF, itu benar-benar penyelamat hidup.

Baca juga: 5 Cara Convert PDF ke Word Cepat dan Mudah Terbaru

Daftar Isi :

  1. Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu di Android
  2. Cara Menggabungkan File PDF Offline
  3. Cara Menggabungkan File PDF Online

Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu di Android

Masifnya dokumen berbentuk softfile membuat sedikit gagap teknologi (gaptek). Sehingga muncul berbagai aplikasi yang bisa dipasang di android, agar bisa membantu untuk melicinkan permasalahan penggabungan file PDF. Berikut aplikasi yang bisa kamu pilih: 

merger pdf

1. Menggunakan Xodo PDF Reader & Editor App

Xodo PDF Reader & Editor App memiliki banyak keunggulan, merupakan aplikasi untuk edit konten asli dalam format pdf dan menambahkan gambar ke dokumen PDF tanpa harus mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga atau menginstal perangkat lunak yang mahal.

2. Menggunakan Aplikasi Element Android

Elemen PDF tersedia di Android tentunya akan membuat Anda lebih produktif dengan pengalaman merger file format pdf. Anda juga bisa menjadi pembaca  yang revolusioner dengan mengaktifkan freehand drawing tool untuk menekankan komentar Anda. Jalankan pencarian untuk membantu Anda dengan cepat menemukan item tertentu dalam dokumen PDF Anda.

3. Menggunakan Aplikasi PDF Utility And PDF Tools-Lite

Aplikasi PDF Utility and PDF Tools-Lite adalah alat yang sangat komprehensif untuk melakukan berbagai operasi pada file pdf termasuk menggabungkan beberapa file format pdf. 

4. Menggunakan Aplikasi Combine PDF

Dalam pemakaian aplikasi ini hampir sama dengan tiga aplikasi sebelumnya yaitu dengan, mengklik tombol Pilih file di atas kemudian klik merger. Susun ulang file jika diperlukan. Klik Gabungkan file. Masuk untuk mengunduh atau berbagi file hasil merger.

Baca juga: Teks Deskriptif: Definisi, Struktur Umum, Jenis dan Contohnya

Cara Menggabungkan File PDF Offline

Anda yang terkendala jaringan internet bisa mencoba cara ini untuk menggabungkan file pdf:

1. Software Adobe Reader

  • Pastikan software Adobe Reader sudah terinstal dalam perangkat Anda baik komputer maupun laptop. Aplikasi tersebut biasanya sudah otomatis ada, tapi belum tentu sudah diaktivasi.
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih fitur Add Files.
  • Siapkan file yang hendak Anda gabungkan kemudian pilih opsi combine.
  • Setelah file tergabung lanjut untuk menyimpan dengan menggunakan shortcut ctrl+s maupun klik opsi save as.

2. Software Foxit Reader

  • Buka aplikasi Foxit Reader, lalu pilih File-Create-From Multiple Files.
  • Pada bagian bawah pilih opsi Merger multiple files into a single PDF.
  • File yang Anda pilih silakan input
  • Atur file sesuai urutan yang Anda inginkan.
  • Klik convert dan letakkan atau simpan file tersebut ke folder pilihan.

Baca juga: Inilah 5 Cara Membuat Catatan Kaki di Microsoft Word

Cara Menggabungkan File PDF Online

Jika menggunakan cara offline tergolong lebih ribet, mungkin Anda juga bisa mencoba situs online yang lebih mudah dan cepat yaitu dengan Adobe Acrobat, smallpdf.com atau pdf2go.com, ILovePDF. Berikut penjelasan cara penggunaannya:

1. Situs ILovePDF 

ILovePDF adalah situs edit video yang praktis Anda gunakan sewaktu-waktu. Mau mencoba? berikut cara menggunakan situs ini: 

  1. Pastikan perangkat laptop atau komputer Anda terkoneksi dengan internet, buka browser dan masuk ke situs  ILovePDF pada browser.
  2. Klik pada bagian merger PDF di kiri atas.
  3. Selanjutnya, select files PDF yang ingin Anda gabungkan atau drop file PDFke kolom yang sudah disediakan.
  4. Sama dengan aplikasi atau situs lainnya yaitu urutkan file sesuai kebutuhan Anda.
  5. Setelah menekan opsi Merger file, maka dengan sendirinya file yang sudah tergabung akan ke-download ke perangkat Anda. Biasanya hanya memerlukan waktu singkat tergantung besar file yang Anda gabungkan.

merger pdf dengan situs ILovePDF 

2. Situs Smallpdf 

Jika Anda tidak ingin membayar untuk mengedit file PDF Anda, saya sarankan Anda melihat Smallpdf. Situs ini akan membantu Anda untuk melakukan pengeditan file pdf dan menggabungkan file tentunya. Selain itu Anda juga dapat mengonversi file PDF ke format lain.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat laptop atau komputer Anda terkoneksi dengan internet, buka browser dan masuk ke situs  Smallpdf pada browser.
  2. Klik pada bagian merger PDF di kanan bawah.
  3. Urutkan file dan selanjutnya tunggu sampai proses penggabungan selesai.
  4. File yang sudah tergabung akan ke-download ke perangkat Anda.

3. Situs PDF Joiner 

Situs online ketiga yang tidak kalah populernya ini juga menyediakan opsi penggabungan file PDF. Situs ini lebih sederhana, fitur yang ditawarkan lebih sedikit dibanding Smallpdf dan ILovePDF yaitu kompres dan gabung PDF saja. Namun jangan salah, situs ini justru memiliki kelebihan di kapasitas file yang mencapai 20 file dan Anda bisa mengkombinasikan dengan gambar. Cara aksesnya juga mudah, berikut caranya: 

  1. Pastikan internet yang terkoneksi stabil setelah itu buka situs tersebut melalui chrome, firefox, maupun lainnya yang ada di komputer/laptop Anda. 
  2. Selanjutnya, unggah file ke dalam kotak yang sudah disediakan dan pastikan urutannya sesuai dengan yang Anda mau.
  3. Terakhir, klik merger file atau gabung file setelah itu file akan bergabung secara otomatis dan rapi tentunya. 

4. Situs PDF Converter 

Situs lain yang wajib Anda coba adalah PDF Converter. Seperti situs lainnya yang bisa menggabungkan 2 file PDF dan juga untuk editing PDF. Berikut ini adalah cara menggunakan PDV Conventer: 

gabung file pdf dengan situs PDF Converter 

  1. Pastikan perangkat laptop atau komputer Anda terkoneksi dengan internet, buka browser dan masuk ke situs  PDF Converter pada browser. 
  2. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil diunggah.
  3. Klik merger atau gabungkan PDF dan tunggu sampai proses loading selesai jika sudah segera klik opsi download.  

Situs PDF Converter ini mudah digunakan dan prosesnya cepat. Namun syarat yang harus ANda penuhi adalah memiliki akun, sehingga Anda harus mendaftarnya terlebih dahulu  agar dapat menggunakan situs ini dengan optimal.

Demikian seputar cara menggabungkan file PDF yang Anda keluhkan selama ini. Pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Semoga artikel tentang konversi file PDF ini dapat membantu Anda.

Baca juga: Jurusan Sistem Informasi Geografi (SIG) UNMAHA, Kuliah dengan Prospek Kerja Tinggi

Leave A Reply

Your email address will not be published.