Berita Nasional Terpercaya

Setelah Sekian Lama, Bagaimana Kesiapan Mandalika Menyambut MotoGP?

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengunggah foto Instagram mengenai selesainya pengaspalan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 KM dengan 17 tikungan yang berlokasi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam unggahan foto tersebut, MGPA juga menuliskan selesainya sirkuit tersebut merupakan persembahan MGPA untuk Indonesia yang akan berulang tahun ke-76 pada 17 Agustus besok.

“Kami persembahkan untuk Ibu Pertiwi tercinta, semangat kami selalu membara untukmu. Dirgahayu Republik Indonesia,” tulis Instagram @themandalikagp, Senin (16/8).

MGPA mengklaim sirkuit ini sudah siap untuk menyambut berbagai ajang gelaran balapan motor level dunia. Seperti pada 4 November mendatang, Sirkuit Mandalika akan menyambut gelaran Superbike World Championship (WSBK). Selain itu, sirkuit ini juga direncanakan bakal menggelar ajang balap MotoGP pada musim 2022 yang dimulai di bulan Maret mendatang.

Baca juga: Sambut HUT RI Ke 76, Merah Putih Berkibar di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Setelah Sirkuit Mandalika gagal menjadi tuan rumah MotoGP 2021 karena pandemi Covid-19, MGPA fokus untuk memperbaharui kualitas sirkuit di Lombok Utara tersebut. Kini, kualitas Sirkuit Mandalika memiliki standar sirkuit kelas A internasional yang sudah setara dengan sirkuit-sirkut kelas dunia lainnya.

MGPA dengan persetujuan dari Dorna selaku organisasi penyelenggara MotoGP, mendatangkan aspal kelas dunia dari Inggris khusus untuk Sirkuit Mandalika ini. Aspal yang dipakai menggunakan Local Content Development (LCD) sebanyak 80 persen yang diolah dengan Asphalt Mixing Plan (AMP) yang memiliki kapasitas 250 ton per jam dan 20 persen lainnya dicampur dengan produk impor untuk lapisan atas dengan satu kali mixing.

Baca juga: 76 Tahun Indonesia Merdeka, Haedar Nashir Ingatkan Pentingnya Persatuan Bangsa

Hasil dari pengaspalan pada Sirkuit Mandalika ini tentunya sudah layak untuk menyambut acara-acara balapan motor kelas dunia seperti WSBK dan MotoGP yang sudah diagendakan dalam waktu yang dekat. Tentunya ini merupakan kabar baik untuk fans-fans Superbike maupun MotoGP di Indonesia dan pastinya dengan selesainya Sirkuit Mandalika akan menjadi perhatian besar di dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.