Berita Nasional Terpercaya

Messi dan Fans Bola Memilikinya, Apa Itu Fan Token?

0

Bernas.id — Klub sepak bola berpotensi menghasilkan ratusan juta pound dengan menjual kripto 'fan token' yang kontroversial. Analisis oleh BBC News memperkirakan lebih dari $350 juta (Rp 5 triliun) telah dihabiskan untuk mata uang virtual ini.

Tidak hanya para penggemar (fans), bahkan pemain sepakbola Lionel Messi pun juga memilikinya. Beberapa waktu lalu, Messi menerima pembayaran di Paris St Germain (PSG) yang mencakup sejumlah fan token klub Prancis tersebut. Lalu, apa sebenarnya 'fan token' itu? 

Daftar Isi :

  1. Apa Itu Fan Token?
  2. Cara Kerja Fan Token
  3. Cara Membeli Fan Token
  4. Bagaimana Prospek Fan Token?

Apa itu Fan Token?

Munculnya mata uang kripto telah membuka dunia kemungkinan bagi individu dan bisnis. Mata uang virtual ini tidak hanya memberikan kemungkinan pengembalian yang besar dalam berinvestasi ataupun sebagai alat bertransaksi.

Kripto juga memungkinkan klub olahraga, selebriti, dan perusahaan untuk meluncurkan token mereka sendiri dan meminta sponsor atau dukungan dari basis penggemar mereka melalui investasi dan pembelian barang dagangan. Kripto semacam ini disebut dengan fan token.

Dilansir di NDTV, fan token adalah bentuk kripto yang memberi pemegang akses ke berbagai fasilitas keanggotaan terkait penggemar seperti memberikan suara pada keputusan klub, hadiah, dan desain barang dagangan. Tidak hanya digunakan oleh klub olahraga, token ini juga bisa digunakan oleh klub penggemar musik, dan lainnya.

Dalam arti tertentu, fan token seperti token non-fungible (NFT) dengan satu perbedaan besar, yaitu dapat dipertukarkan. NFT memberikan hak kepemilikan berdasarkan hak cipta digital eksklusif dan tidak dapat dipertukarkan, sementara fan token dapat dengan mudah ditukar dengan produk atau layanan yang tersedia dari perusahaan di belakangnya. Selain itu, fan token membangun identitas dan mengumpulkan orang-orang dalam komunitas yang erat.

Untuk nilainya, fan token tidak didukung oleh prinsip nilai yang mendasari kripto lainnya seperti Bitcoin atau Ethereum. Fan token menerima nilai mereka dari seberapa besar nilai penggemar untuk dapat berpartisipasi dalam klub dan mendapatkan manfaat unik. 

Token Chiliz (CHZ) adalah fan token pertama dan paling menonjol yang telah mendorong ledakan token baru seperti Fan Token Manchester City, Fan Token AC Milan, Juventus dan banyak lagi. Token ini adalah kasus penggunaan baru untuk kripto karena inovasi di seluruh ruang blockchain mencapai level tertinggi baru. 

Sebagai fan token pertama, CHZ adalah platform fan token paling populer hingga saat ini dan memiliki blockchain sendiri. Socios.com merupakan platform Chiliz untuk para penggemar dapat terlibat dengan tim dan klub favorit mereka.

CHZ adalah token utilitas ERC20 asli di jaringan Chiliz yang diamankan oleh blockchain Ethereum, berfungsi sebagai mata uang digital untuk platform Chiliz dan Socios.com. 

Cara Kerja Fan Token

Penggemar dapat membeli fan token dan memperdagangkannya seperti mata uang kripto lainnya. Saat diperdagangkan, harga fan token umumnya ditentukan oleh penjual dan nilainya dapat berubah sesuai dengan pergerakan pasar dan seberapa populer token pada saat itu. Setelah penggemar mencapai platform perdagangan fan token, mitra klub menyelenggarakan Fan Token Offering (FTO) yakni periode di mana harga fan token ditetapkan dan tersedia untuk penggemar sebelum mencapai pasar.  

Dengan fan token, para penggemar paling berdedikasi dapat menciptakan komunitas eksklusif untuk berkontribusi pada klub yang mereka dukung. Token ini memberikan cara baru bagi penggemar untuk mengambil bagian dalam sistem pemungutan suara yang membelikan pengaruh pada keputusan klub yang mereka ikuti. Semakin banyak fan token yang dimiliki ini menunjukkan tingginya loyalitas penggemar dan membuat pengaruh penggemar tersebut semakin besar terhadap klub.

Para penggemar yang memiliki sejumlah fan token akan diberikan hak untuk memilih berbagai hal mengenai klub favorit mereka. Beberapa hal yang dapat dipilih oleh penggemar ini dapat mencakup desain merchandise klub, desain bus wisata, tiket, lokasi pertandingan, hingga kategori MVP. 

Fan token memungkinkan penggemar untuk merasa lebih terlibat dalam klub yang telah mereka dukung. Ini menambahkan tingkat kebanggaan dan prestise ekstra, karena fan token mereka kemungkinan akan meningkat nilainya seiring pertumbuhan klub dari waktu ke waktu. 

Cara Membeli Fan Token 

Dilansir di Coinmarketcap, token Chiliz (CHZ), fan token pertama, dapat dibeli melalui bursa perdagangan kripto dan situs web Socios.com mereka. Token yang dikhususkan untuk tim atau klub ini adalah aset digital langka yang menyediakan akses ke buku besar terenkripsi dari kepemilikan hak suara dan keanggotaan. 

Token CHZ juga dapat digunakan untuk membeli dan memperdagangkan fan token yang berbeda di Socios.com. Fan token dapat diperdagangkan di Chiliz.net, pertukaran internal dan platform perdagangan mereka melawan CHZ. 
  
Fan token besar bisa ditemukan di bursa terpusat yang populer, tetapi ada banyak fan token yang mungkin belum disertifikasi atau cukup besar untuk masuk ke bursa. Dalam hal ini, fan token hanya dapat tersedia untuk diperdagangkan di bursa terdesentralisasi (DEX) seperti PancakeSwap.

Anda harus memiliki mata uang kripto untuk berdagang dengan fan token di DEX. CHZ saat ini dapat dibeli di beberapa platform seperti Binance.com, Coinbase Pro, Huobi Global, Bithumb, KuCoin, dan Chiliz.

Bagaimana Prospek Fan Token?

Menurut BBC News, sejauh ini di lima liga utama Eropa, 24 klub berbeda telah meluncurkan atau sedang mempertimbangkan fan token, termasuk delapan tim Liga Premier.

Sebagian besar menawarkan token yang mirip dengan mata uang kripto khusus klub, koin virtual dapat dibeli dan dijual dan nilainya naik dan turun tergantung pada penawaran dan permintaan. Beberapa klub, seperti Manchester City, juga menjual koleksi digital dalam bentuk NFT (non-fungible token). 

Socios mengatakan bahwa mereka telah menjual koin senilai $270 juta-300 juta melalui aplikasinya. Namun, platform ini tidak akan mengatakan berapa banyak uang yang langsung masuk ke klub. Pembeli harus terlebih dahulu mengubah uang mereka menjadi mata uang kripto milik perusahaan, Chiliz.

Penelitian oleh analis kripto Protos menunjukkan banyak pembeli secara spekulatif memperdagangkan token mereka seperti mata uang kripto lainnya dalam upaya menghasilkan uang. Tetapi nilai banyak fan token telah menurun sejak awalnya dijual oleh klub.

Karena produk mata uang kripto didasarkan pada buku besar publik, yang dikenal sebagai blockchain, Protos dapat menentukan bahwa Lazio, Manchester City, Porto, dan Santos tampil paling banyak menghasilkan penjualan token ini. Fan token yang paling banyak menghasilkan pendapatan adalah milik Lazio yakni hingga $130 juta. 

Selain itu, berdasarkan Protos, token Manchester City dan Lazio telah turun nilainya yakni turun 70 persen sejak diluncurkan. Sementara token dari dua klub, Inter Milan dan klub Turki Trabzonspor, telah meningkat nilainya lebih dari Bitcoin selama setahun terakhir.

“Fan token diperdagangkan lebih aktif daripada yang Anda harapkan untuk jenis produk keterlibatan penggemar ini,” kata Direktur Berita Protos, David Canellis.

Menurut Canellis, umumnya, mata uang kripto kecil seperti fan token ini bisa sangat fluktuatif karena sedikitnya orang yang ingin memperdagangkannya. Oleh karena itu, ia menilai bahwa sebagian besar perdagangan di pasar fan token murni ditenagai oleh spekulan yang mencari keuntungan jangka pendek.

Kritik lain terhadap sistem saat ini adalah klub memegang sebagian besar token, daripada menjualnya kepada penggemar, yang mendistorsi pasar. Nilai token yang dipegang oleh 13 klub teratas bersama-sama melebihi $1,9 miliar, tetapi pembeli individu saat ini hanya memiliki nilai $376 juta. Rata-rata, klub mengontrol 80 persen dari pasokan token penggemar mereka.

Menurut Canellis, klub sendiri harus menyeimbangkan tidak menjual terlalu banyak sekaligus. Jika mereka menjual terlalu banyak sekaligus, mereka menghadapi risiko jatuhnya harga.

“Kami dapat dengan jelas melihat ini terjadi dengan penjualan Lazio, FC Porto, Santos FC, dan Manchester City,” katanya.

Meski menguntungkan, fan token belum diatur dan tidak aman. Bahkan para pemegang fan token mempertanyakan perlindungan apa yang dimiliki klub untuk pendukung mereka. Aplikasi Socios memiliki informasi token klub yang diatur seperti pasar kripto lainnya, dengan fluktuasi harga yang ditampilkan dan tombol beli dan jual yang menonjol.

Tetapi Socios mengatakan sistem itu dirancang untuk memberi penghargaan kepada penggemar yang memegang token daripada memperdagangkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.