Berita Nasional Terpercaya

Berjumpa dengan Seno Gumira Ajidarma di Festival Buku Moco Sik Jogja

0

Bernas.id – Seno Gumira Ajidarma (SGA) merupakan sosok penulis ternama Indonesia yang eksentrik. Penulis sejumlah buku yang laris dan fenomenal semisal Kitab Omong Kosong dan Negeri Senja ini terlihat muncul di acara pembukaan Festival BRI Moco Sik, Merayakan Buku dan Musik, Jogja Expo Center, Jumat 20 April 2018.

Dengan gayanya yang santai dan ramah kepada para penjualnya, SGA rajin mendatangi beberapa stand buku. Terlihat SGA memilah dan memilih buku-buku lawas, langka untuk dibeli seperti buku komik lawas asli karya penulis Indonesia.

Dijawab SGA, dua pengarang besar yang memengaruhi kepenulisannya, yaitu Kosasih dan Karamoy. Bagi SGA, makna sebuah buku adalah pengetahuan dan hiburan, dua-duanya menjadi yang utama.?Makin pinter makin seneng, makin seneng karena pintar,? ucapnya enteng.

Dijawab SGA, buku yang dicari di pameran buku, yaitu pertama yang bagus dengan banyak ukurannya.?Ya yang membuat saya merasa menyenangkan saya dan berguna. Kalau berguna nggak menyenangkan buat apa. Menyenangkan tidak berguna buat apa,? jawabnya kocak.

Disebut judul buku unik yang ditemui SGA di Festival Buku Moco Sik, yaitu ?Nashar oleh Nashar? yang ditulis oleh Nashar? dan buku Danarto yang berjudul ?Begitu Ya Begitu, tapi Jangan Begitu?. Di stand buku berikutnya, sebuah buku lawas berbahasa Inggris terbitan Moskow pun dibeli SGA. ?Untuk kutip-kutip. Ini buku yang saya cari,? ucapnya pendek.

SGA pun berkomentar tentang festival buku dan musik Moco Sik. ?Ya oke beratlah, ya bikin bahagia orang yang pintar. Kalau orang bodoh nggak terlalu bahagia di sini, ya biarin saja,? katanya jenaka.(Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.