Berita Nasional Terpercaya

Anak Malas Belajar Karena Bermain Gadget? Cobalah Tips Ini!

0

Bernas.id – Anak adalah generasi penerus bangsa yang kelak akan memegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Anak haruslah dididik dengan baik agar melahirkan penerus bangsa yang cerdas dan unggul dalam semua bidang kehidupan.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi di zaman now ini banyak sekali anak-anak yang lebih asyik dengan bermain game, menonton film kartun yang tidaklah masuk akal dan lain-lain. Apalagi dengan adanya gadget, mereka lebih sibuk dengan dunianya sendiri. Saat pertama kali bertemu dengan gadget, anak akan merasa ketagihan. Sehingga seringkali mengulurkan waktu belajar untuk bermain gadgetnya. Sungguh ironis anak-anak di zaman now ini.

Ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang malas belajar karena kecanduan bermain gadget. Yuk, lakukan cara ini!

1. Membuat jadwal bermain gadget

Dengan membuat jadwal kegiatan, anak akan mengetahui kapan waktunya belajar, kapan waktunya bermain, kapan waktunya istirahat. Ini adalah langkah untuk menuntun anak agar disiplin. Anak-anak boleh diberi kebebasan bermain gadget, tetapi saat waktunya belajar anak harus belajar. 

2. Memotivasi anak untuk belajar

Belajar dengan rajin adalah cara untuk meraih prestasi. Orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas dalam segala hal. Namun, banyak orang tua yang tidak peduli dengan pendidikan anaknya dan membiarkan anak-anaknya asyik dengan gadgetnya. Oleh karena itu berilah dorongan yang baik kepada mereka untuk meraih prestasinya.

3. Berkatalah yang baik

Orang tuanya berkata-kata kasar menyebabkan anaknya menangis, bahkan ada yang marah kepada orang tuanya sendiri. Alhasil, mereka tidak mau mendengarkan apa pesan yang diberikan. Berkatalah yang baik dan jelaskan dengan bahasa anak akan pentingnya belajar dan bermain gadget itu hanyalah sia-sia.

4. Memberi keteladanan

Jika kita peduli pada generasi muda zaman now ini kita seharusnya memberikan contoh yang baik kepada anak-anak. Masa anaknya disuruh belajar tetapi orang tuanya sibuk dengan gadgetnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua berikanlah keteladanan yang baik kepada anak karena anak meniru apa yang dilakukan orang tuannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.