Berita Nasional Terpercaya

Kesulitan Memancing Ikan Gabus? Yuk Pilih Umpan yang Tepat untuk Menangkapnya

0

HarianBernas.com ? Ikan gabus adalah jenis ikan predator yang biasa hidup di air tawar sepert halnya danau, rawa, sungai, kanal dan parit. Ikan ini juga dikenal mempunyai banyak nama di berbagai daerah di nuSantara ini contohnya kutuk (bahasa jawa), kabos (bahasa Minahasa) dan masih banyak lagi. Sedangkan jika dalam bahasa inggris ikan yang satu ini diberi nama common snakehead, cehron snakehead, snakehead murrel dan stripped snakehead.

Ikan Gabus pun banyak diminati oleh pemancing karena untuk menangkapnya dibutuhkan trik sendiri. Sedangkan waktu efektif untuk memancing ikan yang memiliki rasa yang enak ini ialah pagi hari serta sore hari. Hal ini dikarenakan di waktu ini, masih belum terlalu panas sehingga ikan masih enggan untuk mencari tempat berteduh. Untuk itulah, anda dapat memakai teknik casting atau popping di waktu itu.

Ketika Anda memakai umpan tiruan untuk casting maka sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami bagaimana langkah untuk membuat umpan tersebut bergerak seperti umpan yang alami. Hal ini pun berlaku untuk memakai umpan jenis popper.

Selain itu, jagalah senar yang kuat dengan minimal bisa menahan untuk berat sekitar 20 kg supaya tak terjadi senar putus pada saat mendapatkan ikan gabus yang besar. Ikan ini mudah terkejut sehingga jagalah ketenangan jika tak ingin ikan ini pergi dari lokasi memancing.

Bawalah variasi mata kail yang kecil sampai besar agar dapat mengantisipasi jika Anda tak ada ikan yang besar yang akan menyambarnya sehingga anda dapat segera menggantinya dengan mata kail yang lebih kecil untuk bisa mendapatkan ikan yang diinginkan.  

Pakailah joran dengan jenis fast tapper karena ikan gabus sangat lihai dalam bergerak maka ketika ia terpancing kemungkinan perkelahiannya sangat besar dan kuat. Selain itu dengan joran berjenis ini maka kemungkinan akan rusak atau patah dapat berkurang.

Inilah beberapa umpan jika hendak memancing ikan gabus,

1. Umpan I – Cacing Tanah

Cacing tanah memang selain mudah untuk didapatkan juga terbukti sangat ampuh untuk dapat memancing ikan predator seperti halnya ikan gabus. Cacing tanah juga mempunyai ciri khasnya yang berbau amis yang sangat menyengat dan tetap saja ikan predator ini akan menjadi lebih memiliki minat.

2. Umpan 2 – Katak

Cara memakai umpan ini ialah katak kecil yang dikaitkan dengan mata kail di bagian ekornya, usahakanlah katak tersebut tak dalam keadaan mati supaya katak yang masih di dalam kondisi hidup dapat membuat ikan gabus menjadi semakin bersemangat.

3. Umpan 3 – Ikan Kecil Berjenis Wader

Di dalam membuat umpan ini sama halnya ketika memakai umpan katak. Namun ada perbedaan ketika hendak membuat umpan dengan cara mengaitkannya di bagian punggung ikan sehingga ikan masih dapat berenang seperti biasanya sehingga diupayakan agar ikan tak mati.

4. Umpan 4 –  Belalang

Belalang pun bisa dipakai untuk memancing ikan gabus dengan cara memakai mata kail yang dikaitkan pada belalang yang dimulai dari ekornya.

5. Umpan 5 – Jangkrik

Selain belalang, jangkrik pun dapat dipakai sebagai umpan memancing ikan gabus. Cara pemakaiannya  sama persis seperti umpan belalang.

6. Umpan 6 –  Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang memang terbukti sangat ampuh untuk dapat memancing ikan gabus . Terlebih ulat daun pisang dapat memiliki daya pikat tersendiri dalam memancing ikan gabus.Caranya juga sama dengan ketika memakai umpan belalang.  

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.