Berita Nasional Terpercaya

Hadapi Tuduhan Pelecehan Seksual oleh Mantan Pegawainya, Begini Pernyataan Naughty Dog

0

Bernas.id ? Naughty Dog, studio yang memproduksi game terkenal seperti Uncharted dan The Last of Us, menanggapi klaim pelecehan seksual dalam lingkungan kerja yang dialami seorang mantan pegawainya.

Gamespot Senin (16/10/2017) memberitakan, David Ballard yang pernah bekerja untuk Naugthy Dog sebagai environment artist, mengaku dirinya pernah menjadi korban tindak pelecehan seksual oleh salah seorang pemimpin departemen, yang tidak disebutkan namanya.

Baca juga Tom Holland Perankan Tokoh Utama dari Game Uncharted

Melalui laman media sosialnya, Ballard mengatakan kalau dugaan kasus pelecehan seksual itu telah terjadi sejak penghujung tahun 2015 lalu, dan situasi kerjanya makin memburuk. Ballard menambahkan kalau ia mengalami depresi berat selama bekerja. Dia mengadukan dugaan kasus pelecehan seksual yang dialaminya ke departemen sumber daya manusia, hanya untuk dipecat keesokan harinya.

Menurut pengakuan Ballard, Naughty Dog mengatakan kalau dirinya tidak lagi dibutuhkan di dalam tim. Ia juga menambahkan kalau departemen SDM akan memberikannya santunan sejumlah 20 ribu dolar kalau ia menyetujui pemecatannya dari perusahaan, dan tidak akan membahas topik ini lebih lanjut.

Ballard menolak persetujuan tersebut. Sejak pemecatannya, ia mengatakan telah mencari pekerjaan selama 17 bulan lamanya. Dia menuturkan bahwa sejumlah perusahaan telah mengundangnya untuk wawancara. Ketika ditanya alasannya berpisah dengan Naughty Dog, dia mengtakan kalau rekan-rekan kerjanya telah mengasingkan dirinya, karena ia terlalu malu untuk membicarakan tentang kasus pelecehan seksual yang dialaminya.

Ballard mengaku kalau dia merasa terdorong untuk angkat bicara mengenai kasus yang menimpa dirinya berkat tokoh-tokoh yang dengan berani mengutarakan pengalaman negatif yang mereka alami melalui media televisi maupun film.

Naughty Dog membantah klaim tersebut, mengatakan bahwa tidak ada bukti yang ditemukan atas tuduhan pelecehan seksual yang dialami oleh Ballard. Mereka menambahkan, tindak pelecehan seksual atau perilaku negatif lainnya sangat tidak diterima dalam perusahaan, dan akan menindak tegas seandainya laporan semacam itu beredar. Adalah prioritas utama bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi para pegawainya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.