Berita Nasional Terpercaya

Bingung Mau Bisnis Apa? Jualan Kue Jajanan Pasar di Kampus Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

0

Bernas.id – Bagi mereka yang memiliki passion dalam hal marketing tentunya di mana kaki berpijak di sana pundi-pundi rupiah bisa didapat. Ya, seperti halnya area kampus. Menjadi target segmentasi untuk menawarkan produk dan sebagainya. Beberapa jamuan makanan dan minuman pun tersedia di kantin. Eitsss, tapi ada juga kue berjalan yang bisa dijadikan sumber pemasukan, lho. Hah, ada kakinya, gitu? Ooo, bukan dong. Itu sekadar konotasi saja kok.

Siapa yang tidak suka dengan makanan khas Indonesia yang beragam dan unik? Yang adonannya dibuat dari tepung terigu, jagung dan tapioka lalu dibumbui gula pasir, gula merah, garam dan bahan-bahan kue lainnya. Wah, tentu diminati, ya! 

Kue basah atau jajanan kue pasar seperti lemper, donat, onde, dadar gulung, bolu kukus, bolu singkong, risoles, martabak manis, putu ayu dan klepon ini biasa disantap bersama dengan teh hangat. Kue basah pun cukup digemari berbagai kalangan. Di kampus pun, tidak semua mahasiswa senang kongkow di kantin. Nah, mereka yang sering terlihat di dalam kelas atau sekadar duduk di lobi kampus, bisa dijadikan target pembeli kue jajanan pasar. Bapak, Ibu dosen, cleaning service dan security boleh juga kalian tawarkan. Oleh karena itu, menjual kue jajanan pasar merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Belum lagi karena ringan dan mudah dibawa. Rasanya tidak begitu merepotkan, bukan? 

Ada beberapa cara buat kawan-kawan yang ingin serius berbisnis kue pasar. Langkah pertama, kalian bisa jadi reseller. Jadi, kalian bisa ambil kue jenis ini dari tempat atau pasar yang berpusat pada penjualan kue basah. Dari situ, tentunya ada kesepakatan berapa rupiah yang bisa dibagi. Nah, kalau cara kedua adalah murni bikinan sendiri. Opsi ini sepertinya agak rumit kecuali kalau kalian mengambil konsentrasi kewirausahaan. 

Ya, langkah pertama bisa kalian pilih sebagai alternatif bisnis kecil-kecilan di kampus. Kalian bisa menempatkan kue mungil tersebut ke dalam wadah sekitar 15 kue per box-nya. Kemudian kalian tawarkan pada jam istirahat dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Dan tentunya yang terpenting dalam berjualan adalah selalu prioritaskan kejujuran dan keberanian.

Selamat mencoba, kawan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.