Berita Nasional Terpercaya

Perbolehkan Migran Pulang ke Tanah Air Saat Pandemi, Ini Langkah Pemerintah

0

BERNAS.ID – Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali ke Indonesia selama masa pandemi Covid-19 perlu menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan. WNI yang datang melewati jalur darat, udara maupun laut pemeriksaan dilakukan di bandara, pelabuhan, maupun pos lintas batas darat. Pemeriksaan ini untuk meminimalisasi imported case virus corona. 

“Kita secara ketat telah menetapkan protokol kesehatan yang tujuannya adalah mengamankan. Jangan sampai mereka yang masuk dalam keadaan sakit,” ungkap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Senin, (11/5/2020) kemarin.

Apabila ada yang terinfeksi virus corona akan dilakukan upaya khusus sehingga tidak menularkan pada orang lain terutama keluarganya sendiri. Yuri meminta pengertian dari pihak keluarga bahwa upaya pemeriksaan ini sesuai protokol kesehatan penanganan pandemi Covid-19. Tidak ada maksud mempersulit kepulangan migran ke rumah. 

“Kami mohon untuk bisa dipahamai bahwa proses kembali mereka bukan kita hambat, bukan kita persulit tetapi semata-mata agar maksimal memberikan perlindungan bagi semuanya,” sambungnya. 

34 ribu migran pulang

Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan diperkirakan kurang lebih 34 ribu pekerja migran Indonesia akan pulang ke Indonesia pada Mei dan Juni. Hal ini karena kontraknya berakhir, mereka berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Lampung, hingga Bali.

Oleh karenanya, pemerintah menyiapkan pintu masuk melalui sejumlah jalur, yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai. Sementara, jalur laut melalui Pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok, serta Batam dan Tanjung Balai bagi pekerja migran dari Malaysia. 

“Skema kepulangan mereka harus melalui protokol kesehatan yang ketat dan diikuti dengan kesiapan fasilitas karantina yang diperuntukkan bagi para pekerja migran Indonesia tersebut,” dikutip Bernas.Id dari Instagram resmi Presiden @jokowi, Selasa (12/5/2020). (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.