Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia 7 Kesalahan Pebisnis Online yang Harus Kamu Hindari

0

BERNAS.ID – Teknologi informasi yang masih terus berkembang membuka peluag banyak orang untuk membuka bisnis sendiri. Sekarang semua orang bisa memulai bisa memulai bisnis online tanpa harus memiliki background pengalaman. Tetapi bisnis online juga tidak tebebaskan dengan yang Namanya kegagalan.

Semua proses bisnis online memiliki tahap-tahapnya tersendiri. Dengan kamu tidak memahami tahap-tahap tersebut akan menyulitkan jalannya bisnis online kamu. Mudahnya mengakses banykan media dan menemukan informasi terkait bisnis online sebenarnya bisa menjadi bentuk antisipasi kegagalan pembisnis.

Namun sebenarnya bentuk kesalahan bisnis online seperti apa sih yang harus dihindari?Berikut 5 Kesalahan yang sering dilakukan oleh bisnis online pemula

1. Perencanaan bisnis yang kurang matang

Perencanaan bisnis online memang tidak serumit perencanaan perusahaan besar, Tetapi tetap tidak boleh diabaikan. Pada perencanaan ini kamu perlu menentukan berapa modal yang kamu berikan untuk bisnismu. Setelah itu kamu dapat menentukan produk yang dijual, dan menentukan target dan estimasi keuntungan.

2. Manajemen keuangan yang buruk

Kesalahan yang sering terjadi pada pembisnis ada;ah tidak adanya manajemen keuangan yang baik. Kesalahan seperti mencampur uang bisnis dengan uang pribadi, tidak adanya pencatatan keuangan yang detail. Serta tidak memiliki data terbaru soal stok produk yang tersedia dan menyepelekan hal-hal kecil.

3. Mengabaikan customer service

Kesalahan yang satu ini sering dilakukan oleh pebisnis online. Melayani customer adalah hal yang penting dilakukan untuk memberikan kesan yang baik. Agar konsumen dapat membeli Kembali produk yang kamu jual. Jika tidak adanya customer service yang baik maka akan menyulitkan usaha kamu kedepannya.

4. Tidak memperhitungkan pengeluaran

Tidak memperhitungkan pengeluaran dapat membuat sistem keuangan bisnis kamu tidak tertata. Hitunglah pengeluaran kamu dengan serinci mungkin agar kamu tidak salah-salah melakukan pengeluaran duit. Dahulukan pula keperluan yang prioritas agar pengeluaran bisnis kamu tidak membengkak.

5. Tidak memaksimalkan media sosial

Tidak memaksimalkan media sosial berarti kamu sedang melepasakan keberuntunganmu. Karena dimedia sosial kamu dapat dengan sangat cepat menyebarkan produk yang akan kamu pasarkan. Apalagi sudah banyak desain konten dan template gratis yang sungguh memudahkan. Namun tidak jarang ini disepelekan oleh banyak pihak. Dan menjadi becana bagi bisnis online pemula.

6. Tidak memperluas jaringan

Tidak memperluas jaringan berarti kamu tidak dapat belajar hal-hal baru dari orang-orang baru. Kamu juga membuang kesempatan untuk menemukan calon-calon investor yang bisa kamu jadikan partner,

7. Berkerja sendirian

Berkerja sendirian membuat bisnis online yang kamu jalani dapat lebih lama dan tidak optimal. Kamu dapat mencari parter kerja yang dapat membantu kamu untuk sampai ketujuan dengan cepat. Pikiran kamu juga tidak akan terbagi banyak jika memiliki partner kerja.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.