Berita Nasional Terpercaya

Masyarakat Acungi Jempol saat Doni Monardo Akui Positif Covid-19

0

Bernas.id ? Doni Monardo adalah seorang TNI berpangkat Letnan Jenderal yang terhitung sejak 9 Januari 2019 menjabat sebagai Kapala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sabtu tanggal 23 Januari 2021, Doni mengakui positif Covid-19 berdasar hasil tes PCR yang diterima sehari sebelumnya. Masyarakat pun memberikan acungan jempol terkait hal ini.

Respon masyarakat yang acungi jempol saat Doni Monardo akui positif Covid-19 ini terkait dengan keterbukaan yang dilakukannya. Seperti yang kita ketahui, tidak semua orang yang terpapar virus ini mau mengakui bahwa dirinya positif Covid-19. Sebagian besar masih menganggap bahwa Covid-19 adalah sebuah aib yang harus disembunyikan.

?Mereka takut dapat stigma sosial dari orang sekitar. Karena misalnya ada orang sekitarnya tahu, tidak usah positif corona, baru gejalanya saja seperti batuk dan pilek, itu sudah bikin orang takut dan tidak mau dekat dengan orang tersebut,” ujar Iksan Bella Persada, M.Psi seorang psikolog dari KlikDokter.

Ketidakterbukaan orang yang terpapar virus ini memang tidak begitu saja muncul, beberapa sebab di antaranya adalah :

  1. Ketakutan akan dijauhi warga sekitar. Ini yang umum terjadi di masyarakat. Begitu ada salah satu warga yang dikabarkan terpapar virus Corona maka spontan warga yang lain akan berusaha menghindari kontak dengan orang tersebut. Bahkan sampai mengucilkan karena menganggap sebagai sumber penyebaran virus.
  2. Bagi seorang pekerja, ketakutan akan muncul terkait kondisi ekonomi. Bagi mereka sumber penghasilan akan terhenti karena tidak bisa bekerja lagi selama isolasi dan masa penyembuhan.
  3. Menjadi sasaran bullying. Alasan ini menjadi sebab terberat seseorang lebih memilih menutupi keadaannya yang positif Covid-19. Takut menjadi sasaran bullying. Dianggap tidak patuh protokol kesehatan, suka keluyuran, dan hal-hal negatif lainnya meskipun kenyataannya tidak demikian.

Apalagi beberapa waktu terakhir seorang menteri yang diyakini positif Covid-19 juga melakukan hal demikian, menutupi keadaan dirinya kepada publik. Oleh sebab itulah, keterbukaan yang disampaikan Doni Monardo mendapat respon positif dari masyarakat.

?Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19. Doni Monardo memberikan contoh bagaimana seorang pejabat publik berlaku atas hak informasi publik. Semoga segera pulih dan sehat kembali. Terima kasih.? Tweet akun @dadangrhs

?Mengumumkan itu yg jempol,? retweet Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam akunnya @susipudjiatuti. (tan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.