Berita Nasional Terpercaya

Ingin Tahu Apa Saja yang Disiapkan Ketika Hendak Bersepeda Jarak Tempuh Jauh? Inilah Tipsnya

0

HarianBernas.com – Bersepeda jarak jauh membutuhkan tenaga dan stamina yang lebih banyak. Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk bersepeda jarak jauh sehingga Anda siap untuk melakoninya, yaitu

1. Air Minum

Minum ialah segala-galanya. Air minum harus selalu dibawa kapanpun ketika kita sedang bersepeda terutama bersepeda jarak jauh. Kita harus minum paling sedikit 150ml atau setidaknya 2-3 teguk setiap 15-20 menit walaupun tidak merasa haus.

Bila kita tidak minum air, ditakutkan kita akan mengalami dehidrasi. Sebaiknya sediakan pula minuman sports drink, karena tidak hanya air biasa yang dapat menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat. Sports drink juga mengandung karbohidrat sebagai sumber energi.

Saat ini telah banyak sport drink dalam bentuk sachet, sehingga akan jauh lebih praktis karena kita meminumnya hanya dengan ditambahkan air yang dapat dibeli di sepanjang perjalanan.

Supaya tidak perlu berhenti disaat minum, jangan gunakan botol yang tutupnya harus perlu diputar terlebih dahulu, sebaiknya gunakan botol minum yang dapat dibuka dengan mulut atau jari, menggunakan hydro backpack pun dapat mnejadi alternatif yang tepat.

Tempat minum yang sulit dibuka akan membuat kita cenderung minum lebih sedikit dan membuat kita malas untuk membukanya. Jika ternyata terdapat minuman yang dingin maka akan jauh lebih baik.

2. Makanan yang mengandung energi

Karbohidrat adalah sumber energi utama pada saat kita bersepeda, di tubuh kita karbohidrat tersimpan dalam bentuk glikogen. Biasanya cadangan glikogen akan habis dalam 2 jam bersepeda.

Oleh karena itu, pastikanlah ketersediaan energi sebelum berangkat. Jadi  kita harus makan terlebih dahulu sebelum berangkat. kurangilah makanan yang mengandung coklat. Hindari juga makanan atau minuman yang terlalu manis karena makanan tersebut mengandung gula yang tinggi atau karbohidrat sederhana.

3. Melatih ritme bersepeda

Ritme mengayuh sepeda yang tepat sangat menentukan ketahanan kita selama touring bersepeda, apalagi bersepeda jarak jauh. Cobalah untuk menggunakan ritme bersepeda gear atau dengan cara menemukan ritme kayuhan yang optimal. Kita harus dapat merasakan kayuhan tersebut agar nantinya kita tidak merasa berat, ngos-ngosan dan cepat lelah.

Setelah merasakan kayuhan tersebut, kita harus selalu dapat mempertahankan ritme tersebut. Saat melewati tanjakan, pindah gear ke gigi yang lebih ringan dan jangan turunkan ritme kayuhan. Ritme yang konstan akan membuat ketahanan tubuh menjadi lebih baik dan terhindar dari rasa ingin menyerah ditengah perjalanan

4. Latihan singkat sebelum hari-H

Berlatih beberapa kali menjelang hari-H, karena dengan latihan yang rutin dapat mempersiapkan fisik dan mental supaya tidak kaget untuk menempuh perjalanan jauh. Usahakan berlatih di pagi hari selama lebih kurang 30 menit. Lakukanlah pemanasan selama 10 sampai 15 menit dengan kayuhan yang kencang dan dengan menggunakan gear yang terringan. Dengan kita melakukan latihan, kita dapat menstimulasi kemampuan endurance kita.

Semoga beberapa tips ini dapat membuat Anda dapat bersepeda dengan jarak yang jauh. Salam Gowes.

Leave A Reply

Your email address will not be published.