Berita Nasional Terpercaya

Pertandingan Liga Meksiko Ditunda Gara-Gara Aksi Mogok Wasit

0

HarianBernas.com – Wasit acap kali menjadi sasaran hujatan setiap kali mengambil keputusan yang dianggap kontroversial. Namun wasit juga manusia yang memiliki batas kesabaran. Di Meksiko, wasit beramai-ramai melakukan aksi mogok setelah dua koleganya diperlakukan secara tidak layak oleh pemain.

Insiden tersebut terjadi di dua pertandingan Copa MX Clausura yang digelar pada hari Kamis (9/3/2017). Insiden pertama terjadi ketika seorang pemain Toluca yang bernama Enrique Triverio mendorong wasit setelah ia dikartu merah. Pertandingan kontra Morelia tersebut berakhir imbang 2-2. Namun Toluca harus tersingkir akibat kalah dalam adu penalti.

Insiden kedua terjadi dalam pertandingan antara Tijuana kontra Club America. Seusai pertandingan, bek America yang bernama Pablo Aguilar mendatangi wasit dan kemudian menanduk kepalanya. Wasit tak ayal langsung mengancungkan kartu merah kepadanya. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Tijuana.

Hukuman tambahan juga dijatuhkan oleh federasi sepak bola Meksiko. Awalnya Triverio menerima hukuman larangan turun di 8 pertandingan. Sementara Aguilar dilarang turun di 10 pertandingan. Namun asosiasi wasit ternyata tidak puas dan merasa kalau hukuman yang dijatuhkan oleh pihak federasi terlampau ringan.

Para wasit pun beramai-ramai melakukan aksi mogok. Akibatnya seluruh pertandingan Liga Meksiko yang harusnya digelar pada tanggal 11 dan 12 Maret terpaksa dibatalkan. Sebagai tanggapan atas peristiwa tersebut, pada hari Senin (13/3/2017) federasi Meksiko merevisi hukuman yang dijatuhkan kepada Triverio dan Aguilar. Kedua pemain tersebut kini menerima hukuman denda dan larangan bertanding selama setahun lebih.

Asosiasi wasit menerima putusan terbaru pihak federasi sambil mendeklarasikannya sebagai kemenangan untuk sepak bola Meksiko. Mereka juga mengumumkan kalau aksi mogok yang dilakukan oleh para wasit tidak akan dilanjutkan dan mereka bakal kembali bertugas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.