Berita Nasional Terpercaya

Pria Asal Aceh Minta Disuntik Mati

0

ACEH, HarianBernas.com ? Seorang pria dua anak mengajukan permohonan suntik mati lantaran tak sanggup menahan penyakit yang dideritanya. Pria bernama Berlin Silalahi itu masih berusia 46 tahun. Ia telah mengajukan permohonan ke Pengadilan Negeri Banda Aceh pada Rabu (3/5/17).

Pendaftaran permohonan mengakhiri hidup atau eutanasia ini dilakukan oleh istrinya Ratnawati. Permohonan eutanasia atau mengakhiri hidup dengan suntik mati ini dipilih Berlin bukan tanpa alasan. Berlin mengaku tidak tahan dengan penyakit yang sudah menahun dideritanya. 

Berlin pernah berobat melalui alternatif maupun pengobatan medis. Pada tahun 2014, ia malah mengalami kelumpuhan. Sehingga harus bolak-balik masuk rumah sakit. Sampai-sampai pasangan suami istri ini tidak punya tempat tinggal lagi.

“Suami saya sebelumnya menderita penyakit asam urat. Sudah bawa ke rumah sakit dan pengobatan kampung tapi tidak sembuh,” ungkapnya.

Suntik mati sebenarnya tidak dikenal di Indonesia. Cara itu hanya dikenal di Belanda.

“Hukum positif kita tidak mengenal suntik mati. Itu hanya ada di Belanda. Di sini belum pernah ada yang mengajukan eutanasia sebelumnya,” kata pejabat humas PN Banda Aceh Eddy.

Leave A Reply

Your email address will not be published.