Berita Nasional Terpercaya

Wajib Coba Nih! Trik Mudah Hasilkan Jepretan DSLR Setara Kamera iPhone

0

Bernas.id – Apapun kamera iPhone dari dulu memang sudah dipercaya mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Jika dibandingkan dengan hasil jepretan dari kamera smartphone Android yang memiliki resolusi tinggi, hasil jepretan kamera iPhone dilaporkan memang menarik dan tak jarang hasilnya setara dengan DSLR.

Namun, untuk menghasilkan foto yang setara dengan kamera DSLR dengan menggunakan kamera iPhone ternyata ada trik khususnya lho! Ya, ada cara-cara khusus yang perlu kamu lakukan supaya hasil jepretan kamera iPhone-mu bisa setara dengan DSLR.

1. Gunakan fitur Grid agar komposisi objek lebih pas.

Fitur yang satu ini sangat berguna untuk membuat hasil jepretan dengan menggunakan kamera iPhone ini bisa setara dengan DSRL. Fitur ini dapat membantu kamu menyesuaikan gambar dengan cara yang sempurna.

Untuk mengaktifkan fitur grid ini atur saja lewat menu Settings > Photo and Camera > Grid.

Baca juga Cara Cerdik Optimalkan Foto Makanan ala Majalah

2. Pakai juga fitur Focus dan Brightness agar hasil bidikan bisa sejernih hasil dengan DSLR.

Dilaporkan bahwa fitur ini dapat membuat hasil jepretan dengan kamera iPhone menjadi semakin fokus tidak hanya itu saja, fitur Focus dan Brightness juga dapat membuat hasil jepretan kamera iPhone menjadi terasa seperti kamera point-and-shoot profesional.

Untuk mengakses fitur ini kamu cukup dengan menekan layar untuk fokus dan geser jarimu ke atas dab ke bawah pada slider untuk mengatur kecerahan.

3. Manfaatkan pula fitur Lock Exposure agar foto lebih jelas dan minim noise.

Selain bisa digunakan untuk mengatur Focus dan Brightness, menekan layar dalam waktu yang cukup lama dapat memunculkan fitur Lock Exposure. Fitur ini dapat membantumu mendapat bidikan yang lebih fokus lagi dan juga lebih jernih.

Objek yang bakal kamu bidik akan terkunci, sehingga saat kamu memotretnya maka hasil bakal nampak lebih jelas.

4. Ambil beberapa gambar sekaligus ala kamera DSLR pakai fitur Burst Mode.

Kamera DSLR memang dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang canggih, salah satunya adalah brust mode atau disebut juva dengan continous shooting mode. Burst mode mampu meng-capture banyak gambar dalam waktu singkat. Namun sepertinya fitur ini hanya hadir di iPhone. Untuk mengaksesnya kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol shutter dalam waktu yang cukup lama. Kabarnya, mode ini dapat mengambil 10 foto per detik.

5. Bikin foto jadi lebih jernih dengan memanfaatkan fitur Auto HDR.

Sejak lama fitur Auto HDR memang muncul di kamera DSLR. Nah, asyiknya fitur ini dilaporkan juga hadir di iPhone. Dikabarkan mode pengambilan gambar menggunakan HDR pada iPhone mampu mengambil tiga foto pada eksposur berbeda dan mengaburkan aspek terbaik dari masing-masing gambar.

Untuk mengaktifkan fitur ini pada iPhone adalah dengan cara menekan fitur HDR yang ada di deretan paling atas menu fotografi pada kamera iPhone.

Baca juga Cara Cerdik Buat Foto HDR Tampak Keren Hanya Menggunakan Kamera Ssmartphone

6. Bikin efek flare ala kamera DSLR di kamera iPhone.

Hanya berbekal dengan kamera iPhone saja kamu sudah bisa membuat efek lens flare ala kamera DSLR lho. Uniknya, kamera iPhone dengan lensa yang kecil memang lebih rentan terhadap efek flare ini.

Di kamera iPhone kamu dapat mengatur efek flare dengan mengatur komposisi atau tata letak sumber cahaya yang terang yang dapat membuat flare tersebut ada di dalam frame. Gunakan saja tanganmu untuk mengatur efek kemunculan dan tata letak dari flare ini.

Nah, itulah beberapa trik yang dapat kamu lakukan untun menghasilkan foto dengan kamera iPhone yang setara dengan kamera DSLR. Sangat mudah bukan? Buruan langsung dipraktikkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.