Berita Nasional Terpercaya

Jelang Gerhana Bulan Total, Kemenag Serukan Salat Gerhana pada Seluruh Umat Islam di Indonesia

0

Bernas.id ? Rabu, 31 Januari 2018 akan ada fenomena alam langka yang nampak di langit Indonesia, yaitu fenomena Super Blue Blood Moon. Bulan akan berwarna merah bata dan terlihat lebih besar, serta lebih bercahaya dari biasanya. Sebutan Super Blue Bood Moon ini dikarenakan gerhana bulan total terjadi bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon.

Peristiwa ini cukup langka karena terakhir terjadinya pada 152 tahun yang lalu atau tepatnya 31 maret 1866. Bulan berada dalam bayangan umbra bumi dan cahaya matahari masih bisa lolos dan mencapai bulan. Selain itu, penyebab warna merah pada penampakan bulan itu dikarenakan bumi memiliki atmosfer.

Ketika cahaya matahari melewati atmosfer bumi, cahaya pada panjang gelombang hijau sampai ungu disebarkan dan disaring atmosfer. Gerhana bulan ini bisa disaksikan dari seluruh Indonesia. Proses Gerhana akan dimulai sekitar pukul 18.48 WIB dan puncaknya gerhana bulan total pada pukul 19.52-21.08 WIB. Gerhana bulan itu akan berakhir pada sekitar pukul 22.11 WIB.

Saat terjadi gerhana umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan Salat Gerhana. Seperti yang telah tertera dalam salah satu hadis yang artinya, ?Sesungguhnya matahari dan bulan tidak mengalami gerhana disebabkan karena matinya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka dirikanlah salat dan berdoalah hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian.? (H.R. Al-Bukhari nomor 1040).

Kementerian Agama juga telah menghimbau segenap umat Islam di tanah air untuk menunaikan Salat Kusuf (Gerhana), yang bertepatan pada 14 Jumadil Ula 1439 Hijriyah. Direktorat jenderal Bimas Islam Kemenag telah menyebarluaskan seruan kepada kepala Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia untuk menginstruksikan kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Salat Kusuf di wilayahnya masing-masing.

Salah satu contohnya di kota Gresik, Jawa Timur. Lembaga falakiah NU Gresik bersama Takmir Masjid Jami? Gresik, juga akan melakukan observasi dan Salat Gerhana bulan total pada esok Rabu, 31 januari 2018 pada pukul 18.30 WIB.

Leave A Reply

Your email address will not be published.