Berita Nasional Terpercaya

Pelaksanaan Salat Kusuf di Berbagai Wilayah di Indonesia

0

Bernas.id – Berdasarkan data astronomi, yang bertepatan dengan Rabu, 31 Januari 2018 Masehi atau 15 Jumadil Ula 1439 Hijriah, terjadi gerhana bulan total atau yang dikenal dengan sebutan Super Blue Bood Moon. Kementerian Agama (Kemenag) telah menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk melaksanakan Salat Kusuf (Gerhana) pada saat terjadinya gerhana.

Pelaksanaan Salat Kusuf yakni selama gerhana sedang berlangsung. Banyak daerah-daerah di berbagai kota di Indonesia yang melaksanakan Salat Gerhana tersebut. Beberapa di antaranya yaitu:

Kota Bekasi

Salah satunya akan dilaksanakan di Masjid Al-Azhar Summarecon dengan imam Ustaz Taufik Darul Kamal, dan khatibnya yakni Ustaz Abdul Latief Mu?min.

Kota Medan

Salah satu pelaksaannya yakni di Masjid Al-Jihad bersama Ustaz Irham Taufiq, dan khatibnya diisi oleh Ustaz Prof. Muzakkir.

Kota Mojokerto

Pelaksanannya di Musala Wakaf Ar-Rohim yang berlokasi di Jalan Niaga Mojosari, Mojokerto dengan Imam Al Habib Hadi bin Seggaf Assegaf.

Kota Yogyakarta

Pelaksanaannya di Masjid Sabilurrohman dengan imam dan khatib yakni K.H. Nadhim, BA. 

Kota Tangerang

Dilaksanakan di Masjid Al Hidayah Jalan Punai Raya, Bintaro Jaya-Sektor 2. Dengan imam Ustaz Rofiudin Anwar, Mpd.I, dan khatibnya Ustaz Moh. Syakir.

Pelaksanaan Salat Gerhana ini merupakan salah satu ajaran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dengan melaksanakan Salat Gerhana diharapkan mampu lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan dapat mengingatkan kita pada keagungan Sang Pencipta.

Dengan adanya gerhana bulan ini, kita juga bisa bertafakur atas peristiwa alam yang sangat langka terjadi ini. Menurut analisis BMKG menyebutkan bahwa gerhana bulan berlangsung sekitar selama lima jam, 20 menit dan dua detik. Fenomena ini bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.