Berita Nasional Terpercaya

Pojok Baca Akan Tingkatkan Daya Tarik Desa Wisata Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melakukan Roadshow Minat Baca Kecamatan dengan tema ?Peran Pojok Baca dalam Pengembangan Wisata? di Kecamatan Cangkringan, Desa Pentingsari, Sleman, Selasa (28/01/2020).

Sri Wantini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menyampaikan tujuan dari kegiatan ?roadshow? ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya literasi dan juga memasyarakatkan literasi kepada masyarakat. ?Hari ini kita menyelenggarakan  roadshow minat baca dengan tujuan bahwa kita punya kewajiban untuk memasyarakatkan literasi yang ini harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita,?tuturnya.

Menurut Sri Wartini, literasi sendiri merupakan kebutuhan bagi masyarakat. Ia menyebut literasi bukan hanya terkait baca tulis, tetapi literat terhadap digital, literat terhadap budaya, dan juga literat terhadap kewarganegaraan.

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Sri Wantini menyebut salah satunya dengan adanya pojok baca. ?Karena pojok baca merupakan salah satu  upaya kita untuk bagaimana memancing masyarakat itu untuk menjadi masyarakat yang literat,?ujarnya.

Sedangkan, Ayu Laksmidewi selaku salah satu narasumber roadshow mengatakan literasi itu penting dalam hal ini desa wisata. ?Butuh kemampuan literasi agar meningkatkan daya tarik dari desa wisata itu sendiri,? ujarnya.

Ayu juga meyakini dengan literasi desa wisata akan dapat mengetahui keunikan dan kelebihan apa yang dimilikinya sehingga akan memunculkan keunikan dari masing-masing desa wisata itu sendiri. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.