Berita Nasional Terpercaya

GKJ Mergangsan Pertama Kali Miliki Pendeta Perempuan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Panitia penahbisan pendeta kelima GKJ Mergangsan melakukan audiensi ke Kantor Bernas.id untuk mengundang secara langsung insan media dalam acara penahbisan pada tanggal 1 Mei 2024 di gereja setempat. Sosok pendeta yang ditahbiskan akan menjadi pendeta perempuan pertama.

Baca Juga Lurah Candibinangun Ditetapkan Tersangka Terkait Tanah Kas Desa

Ketua Panitia, Prihatmoko mengatakan pendeta kelima ini terpilih setelah melewati proses penjaringan dari sejumlah Gereja Kristen Jawa. Setelah itu, dilakukan untuk proses pemanggilan, yaitu meminta gereja asal untuk ditarik. Dari proses penjaringan, muncul 3 bakal calon dan terpilih Kris Nur Cahyani.

“Para calon itu masuk masa orientasi 6 bulan untuk melakukan sejumlah praktek seperti khotbah dan pelayanan di jemaat. Dari proses itu ada penilaian sehingga muncul satu pendeta terpilih. Setelah dinyatakan lulus, pendeta terpilih menjalani masa vikariat selama 1 tahun seperti magang,” tutur Prihatmoko, Kamis (18/4/2024).

Lanjut tambahnya, sosok Kris Nur Cahyani merupakan lulusan Teologia UKDW yang masih berusia muda dengan hasil nilai yang bagus. Sosok pendeta perempuan pun diharapkan akan lebih dekat untuk merangkul semua jemaat ketika ada permasalahan di jemaat. Menurutnya, jemaat pun antusias dan senang sekali karena ada sosok pendeta perempuan.

Untuk acara prosesi dalam penahbisan, akan diisi dengan kegiatan ibadah. Kemudian, di tengah acara, penahbisan akan dilakukan oleh sebanyak 60 pendeta senior dari Klasis Jogjakarta Selatan. Rencananya, seremonial akan dihadiri Penjabat Walikota.

Sejumlah pertunjukkan seni budaya akan menjadi agenda sisipan dari sekolah seperti TK atau Playgroup GKJ Mergangsan. Penampilan gamelan dan penari akan menjemput dan menghibur para tamu undangan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.