Berita Nasional Terpercaya

Hutan Tua Ini Terancam Musnah Akibat Penambangan Batu Bara

0

HarianBernas.com-Hambach adalah nama dari hutan yang terletak di antara kota Koeln dan Aachen, Jerman barat. Selama beberapa tahun terakhir, hutan yang sudah berusia 12.000 tahun tersebut menjadi arena sengketa antara aktivis lingkungan dan perusahaan RWE. Para aktivis lingkungan ingin menjaga supaya hutan tersebut aman dari gangguan. Sementara RWE ingin memanfaatkan kandungan batu bara lignit yang berada di bawah hutan tersebut.

RWE secara teknis memiliki hak untuk menebangi pepohonan yang ada di Hutan Hambach karena merekalah pemilik area hutan tersebut sejak tahun 1970-an. Sekitar tiga per empat area hutan sudah ditebangi untuk memberi jalan bagi para penambang batu bara. Selain mengorbankan flora dan fauna setempat, desa-desa yang berada di Hambach juga turut  menjadi korban penggusuran.

Sisa-sisa Hutan Hambach inilah yang coba dipertahankan habis-habisan oleh aktivis lingkungan. Mereka bahkan membangun rumah pohon dan tidur secara bergantian untuk memastikan agar sisa-sisa Hutan Hambach tidak dilibas habis oleh RWE. Para aktivis tersebut tidak sendirian. Sebulan sebelumnya, mereka besera ribuan penduduk dari desa-desa di sekitar Hambach membentuk rantai manusia sepanjang 2 kilometer sebagai wujud penolakan atas ekspansi RWE di Hutan Hambach.

RWE di pihak berseberangan memiliki pasukan keamanannya sendiri untuk mencegah properti dan pegawai mereka menjadi sasaran penyerangan para aktivis. Belakangan, polisi juga ikut terlibat untuk melindungi kegiatan RWE. Polisi menganggap para aktivis lingkungan di Hambch sebagai pelanggar hukum karena para aktivis tadi tidak segan-segan menggunakan batu dan bahkan bom moltov untuk menyerang pegawai RWE.

RWE atau lengkapnya Rheinisch-Westfalisches Elektrizitatswerk (Pembangkit Listrik Rhenish-Westfalia) adalah perusahaan raksasa Jerman yang bergerak di bidang energi dan penyediaan tenaga listrik. Perusahaan tersebut mengklaim kalau aktivitas mereka di wilayah Hambach berkontribusi atas 5 persen sumber tenaga listrik Jerman dan terciptanya 2.000 lapangan kerja.

Namun tindakan RWE menggunakan batu bara sebagai sumber energinya dianggap tidak lagi menguntungkan dalam beberapa tahun ke depan karena. Terlebih lagi pemerintah Jerman memiliki rencana untuk mengurangi produksi gas rumah kaca yang berasal dari wilayahnya. Sementara pembangkit listrik bertenaga batu bara dianggap sebagai salah satu penyumbang utama gas rumah kaca.

Leave A Reply

Your email address will not be published.