Berita Nasional Terpercaya

Tips Menjaga Kemabruran Haji

0

PLERET, Bernas.id – Setidaknya ada empat hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kemabruran Haji,  yakni sering bersedekah, silaturahiim, membiasakan salam dan salat malam. Sedekah dapat melancarkan segala urusan dan mencegah bala', sedangkan silaturahiim bagi jamaah haji dengan melakukan pertemuan lapanan sekaligus tholabul 'ilmi.

“Banyak suami yang segan mengucapkan salam kepada istrinya. Karena itu, hal ini perlu dibiasakan dalam keluarga,” kata KH Abdul Kholik Syifa' dalam acara Mangayubagya Jamaah Haji 2018 sekaligus Pembukaan Manasik Calon Jamaah Haji 2019 KBIH Muslimat NU HDWR di Dusun Brajan, Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Selasa (18/9/2018).

Sedangkan salat malam, menurut Kyai Kholik, seperti dikutip Drs Sutanto, warga Celep RT 07 Desa Srigading, Kec Sanden, Kab Bantul dalam rilis yang dikirim ke redaksi bernas.id, Rabu (19/9/2018 berfungsi sebagai tradisi orang shaleh, media pelebur dosa, pencegah dosa/ maksiat, media mendekatkan diri kepada Allah Swt dan mencegah penyakit.

Ketua 1 KBIH Muslimat NU HDWR Hj Nadhiroh Mudjab S Hi didampingi Sekretaris H Budi Maryanto mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut Jamaah Haji 2018 yang tergabung dalam Kloter 027 SOC sekaligus pembukaan anasik Calon Haji 2019. Mereka tiba di Tanah Air, Rabu (5/9/2018) malam lalu . ?Sampai dengan saat ini telah terdaftar 225 orang dan masih dimungkinkan akan bertambah terus sebagaimana pengalaman tahun lalu,? imbuh Nadhiroh.

Tim pembimbing terdiri dari KH Abdul Kholiq Syifa?, KH Khudlori Abdul Azis, Drs KH Damanhuri, KH Ahmad Zabidi Marzuki, KH Masyhudi Marzuki, KH Busyrowi, KH Rohmat, KH Muslch, KH Imam Sughro Wardi, KH Drs Budi Maryanto, KH Asyrofi. “Muslimat NU HDWR siap memberi pemahaman kepada jamaah, sehingga saat berada di tanah suci tak akan menemui banyak kendala saat melakukan prosesi ibadah,” kata Budi Maryanto. (*/lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.