Berita Nasional Terpercaya

Sejak Akhir Januari Tanah Ambles di Gunung Kidul Bertambah

0

GUNUNG KIDUL, Bernas.id ? Jumlah tanah ambles di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta bertambah dan meluas. Di Kecamatan Rongkop terdapat 17 lubang baru yang tersebar di 7 desa.

Kepala Desa Petir, Sarju mengungkapkan di desanya ada sekitar 7 titik amblesan yang berada di lima dusun yakni, Dusun Siono, Dadapan, Ngurak-urak, dan Ngelo. Menurutnya, amblesan tanah terjadi pada akhir Januari lalu. Sebagian besar terjadi di tengah area ladang milik warga.

“Amblesan di desa kami saat terjadi hujan lebat kemarin sekitar tanggal 29 Januari 2017,” terang Sarju ditemui di lokasi, Kamis (8/2/18).

Dampak dari munculnya lubang-lubang ini, sejumlah area persawahan milik para petani tidak dapat lagi ditanami. Warga takut menanaminya karena khawatir lubang semakin membesar. Sarju mengungkapkan fenomena ini terjadi karena geografis desanya merupakan daerah karst. Area bawah tanah memiliki rongga.

Pihaknya pun mengimbau para petani untuk memasukkan tanah, sampah, jerami, pohon pisang, pohon jagung agar lubang tidak semakin besar. Bhabimkamtibmas Desa Petir, Bripka Herlin Handoko Putro menambahkan, sesuai perintah Kapolsek Rongkop AKP Yulianto, pihaknya sudah memasang garis polisi untuk mengantisipasi warga mendekat.

“Atas perintah bapak Kapolsek kami memasang garis polisi dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar lubang,” kata Handoko.

Sayangnya, pemerintah desa jarang melaprokannya ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul. Sehingga, data yang masuk belum sesuai kondisi terkini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.