Berita Nasional Terpercaya

Jogja Jadi Tuan Rumah Raker Para Walikota Indonesia

0

Bernas.id –Pemerintah Kota Yogyakarta bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang diselenggarakan 19-20 April. Pembukaan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X digelar Kamis (19/4) di Hotel Melia Purosani Yogyakarta.

Saat memberikan sambutan, Sultan berpesan, hendaknya Apeksi meningkatkan kewaspadaan, mengantisipasi potensi konflik sosial dalam rangkaian pemilu 2019. Ia menekankan, negara  harus hadir untuk memberikan rasa aman pada warganya.

“Karena itu dibutuhkan sinergitas dari pemerintah daerah,” ujar Sultan.

Ketua Komwil III Apeksi yang juga Walikota Jogja Haryadi Suyuti menerangkan, rapat kerja yang merupakan agenda rutin ini memiliki nilai strategis untuk menyuarakan aspirasi dari tiap pemerintah kota yang terkadang tidak tertangkap dalam kebijakan dari pemerintah pusat. 

Menurut Haryadi, aspirasi yang disampaikan melalui Komisariat Wilayah (Komwil) Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) cenderung akan lebih didengar dan diperhatikan oleh pemerintah pusat sehingga bisa diimplementasikan lebih cepat di daerah.

“Melalui rapat kerja Apeksi ini bisa bersama-sama mencari solusi masalah yang dihadapi berbagai pemerintah kota,” ujar Haryadi.

Kota Yogyakarta tergabung bersama 24 pemerintah kota lain dari Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah dalam komisariat wilayah III Apeksi.

Rapat kerja dihadiri oleh walikota dari seluruh pemerintah kota dan hanya empat kota saja yang diwakilkan.

Selain membahas berbagai isu yang sedang berkembang, kegiatan rapat kerja tersebut juga akan diisi dengan sejumlah kegiatan lain di antaranya mengunjungi objek wisata unggulan di Yogyakarta termasuk jelajah kawasan cagar budaya di Kotagede. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.