Berita Nasional Terpercaya

Inilah Beberapa Catatan Penting Terkait Pemilu 2019 di DIY

0

YOGYA, BERNAS.ID – Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) DIY menilai, pelaksanaan Pemilu 2019 secara umum sudah berlangsung dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Meski demikian, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

Ketua Presidium JaDI DIY Mohammad Najib menerangkan, di DIY, banyak mahasiswa luar daerah yang diberi proses kemudahan untuk memilih di DIY. Sayang, itu tidak diikuti dengan jaminan ketersediaan surat suara di TPS yang dituju. Akibatnya, banyak pemilih pindahan yang kehilangan hak pilihnya.

“Kami merekomendasikan pada KPU agar pada Pemilu berikutnya kejadian serupa tidak terulang, KPU perlu memperbaiki tata kelola pelaksanaan pemungutan suara dengan mengelola dan mendistribusikan pemilih A.5 secara tersebar pada TPS yang ada di DIY untuk menjamin ketersediaan surat suara,” ujarnya, Selasa (7/5/2019).

Ia meneruskan, banyaknya pemungutan suara ulang membuktikan bahwa di tingkat pelaksana ad-hoc, khususnya KPPS masih mengalami problem terkait pemahaman prosedur teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Pihaknya meminta, ke depan KPU lebih selektif dalam memilih KPPS.

“Peningkatan kapasitas KPPS harus menjadi prioritas penting untuk menjaga integritas pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” ujar dia.

Najib menambahkan, masih ditemukan banyak pemilih yang mengalami kebingungan terkait prosedur teknis pemilu dan terkait berbagai berbagai versi pengumuman hasil Pemilu. Pihaknya merekomendasikan KPU lebih proaktif memberikan layanan informasi.

“Tidak hanya untuk mengklarifikasi dan menjawab kebingungan masyarakat, namun juga memberikan informasi yang benar tentang prosedur teknis Pemilu maupun tentang hasil Pemilu,” harapnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.