Berita Nasional Terpercaya

Merantaulah, Maka Kau Akan Menemukan 5 Manfaat Ini

0

Bernas.id – Mungkin sejak kecil kita selalu hidup bersama dengan orang tua. Berbagai keperluan kita selalu disiapkan oleh orang tua. Sehingga kita selalu mengandalkan dan bergantung pada orang tua kita untuk mencukupi segala kebutuhan kita. Dan ketika kita beranjak dewasa dan memutuskan untuk merantau di luar kota atau di luar pulau, maka kita pun harus meninggalkan kampung halaman. Mungkin hal ini akan terasa berat dan dilematis karena ketika kita berani untuk mengambil keputusan untuk merantau maka kita harus siap hidup mandiri dan mengurus segala sesuatunya sendirian. Namun, kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang terjadi di perantauan karena merantau itu memiliki banyak manfaat antara lain:

1. Terlatih untuk hidup mandiri

Ketika kita merantau maka kita akan hidup jauh dari orang tua kita. Sehingga kita harus mengurus sendiri berbagai keperluan hidup kita. Dan hal ini akan melatih kita untuk hidup mandiri.

2. Lebih menghargai sebuah keluarga

Mungkin ketika kita berada di rumah, sering kali kita kurang akrab dengan saudara atau orang tua kita. Berbagai hal-hal sepele sering kali memicu sebuah konflik dengan anggota keluarga. Namun,ketika kita sedang berada tanah perantauan, maka kita akan sangat jarang untuk bertemu mereka. Kita pun merasa kesepian dan sangat merindukan mereka. Dan hal ini akan membuat kita lebih menghargai betapa berharganya sebuah keluarga.

3. Bertemu dengan orang baru

Ketika sedang di perantauan maka kita akan berada di lingkungan yang baru. Sehingga kita pun secara otomatis juga akan bertemu dengan orang-oramg yang baru. Dan kita pun mulai menjalin pertemanan dengan orang-orang yang baru serta berjuang bersama-sama dari bawah sampai sukses bersama-sama. Dan tidak menutup kemungkinan juga kita akan bertemu dengan jodoh kita di tanah perantauan.

4. Membuka pikiran kita

Apabila sejak kecil sampai remaja kita berada di lingkungan yang sama, maka secara otomatis pola pikir kita mengikuti pola pikir orang-orang yang berada di lingkungan yang kita tempati selama ini. Sehingga kita cenderung memandang sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja. Namun, ketika kita berada di tanah perantauan, maka kita pun akan bertemu dengan berbagai macam latar belakang seseorang, budaya, pola pikir dan kebiasaan. Sehingga kita akan belajar untuk menghargai sebuah perbedaan dan menilai baik buruknya sesuatu melalui berbagai sudut pandang. Hal inilah yang membuat pikiran kita lebih terbuka dan bijaksana.

5. Belajar memanajamen keuangan

Ketika kita berada di perantauan maka kita akan belajar untuk mengatur keuangan dengan sebaik mungkin agar kita tetap mampu bertahan hidup. Tak jarang seorang perantau harus kuliah sambil bekerja agar tidak kehabisan uang di tanah perantauan. Dan hal ini adalah hal yang sangat berguna untuk masa depan kita karena tak selamanya kita meminta uang kepada orang tua untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari kita. Dan ketika kita merantau maka kita sudah terlatih untuk mengelola uang dengan sebaik-baiknya supaya kita terbiasa untuk mengelola keuangan sampai saat kita sudah hidup berkeluarga di masa depan nanti.

Nah,itu tadi adalah beberapa manfaat dari merantau yang sangat berguna sekali untuk kehidupan kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.