Berita Nasional Terpercaya

Wisata Kuliner dan Belanja Bagian dari Perjalanan Berlibur, Ini PR Indonesia

0

JAKARTA, Bernas.id ? Wisata kuliner dan belanja memang tak bisa dipisahkan dari liburan. Bahkan kedua hal itu menjadi alasan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.

Hal ini dibeberkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana di sela-sela acara “Workshop Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja dalam Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara” di Hotel Santika Premiere Jakarta, Selasa (19/9/17).

“Wisata belanja dan kuliner bisa jadi primary (alasan utama). Batam contohnya. Sekarang coba tanya kenapa Bandung ramai? Orang bukan cari destinasi, orang cari outlet. Shopping itu temannya makan,” terang Pintana.

Menurutnya, alasan wisatawan mancanegara berwisata itu ada tiga hal, yakni primary motivation, secondary motivation, dan pra-syarat. Ia menekankan bahwa wisata kuliner dan belanja bisa menjadi primary motivation.

“Data yang saya punya kualitatif dan observasi. Kuliner dan belanja itu bisa jadi primary motivation untuk daerah tertentu. Kuliner dan shopping itu bagian dari perjalanan wisata,? imbuhnya.

Baca Juga 3 Kuliner Khas Ini Lagi Hits di Wonosobo, Sudah Coba?

Lebih lanjut, destinasi wisata kuliner dan belanja tidak hanya terbatas di Bandung atau Batam. Semua wisawatan pun sangat membutuhkan wisata kuliner. Workshop yang berlangsung selama dua hari ini untuk mengulas peran wisata kuliner dan belanja sebagai bagian dari strategi pemasaran wisata budaya seperti potensi sentra kuliner, paket wisata kuliner dan belanja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.