Berita Nasional Terpercaya

Pap Smear Itu Apa Sih? Simak Pemaparan Berikut

0

Bernas.id Pap Smear adalah suatu tindakan pemeriksaan medis bagi wanita untuk mendeteksi apakah wanita tersebut menderita penyakit kanker serviks atau tidak. Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita dan sangat berbahaya kalau tidak segera terdeteksi.

Melakukan Pap Smear ada aturan-aturannya, sebagai berikut:

1. Wanita yang boleh melakukan Pap Smear adalah wanita yang sudah menikah atau aktif secara seksual. Kalau masih perawan tidak boleh melakukan Pap Smear. 

2. ?Wanita yang akan melakukan Pap Smear dilarang berhubungan seksual ataupun mencuci vagina dengan pembersih vagina setidaknya 2-3 hari sebelum pemeriksaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi ketidakakuratan hasil. Selain itu, wanita yang sedang menstruasi juga disarankan untuk menunda pemeriksaan Pap Smear.

Lalu, proses pemeriksaan Pap Smear itu bagaimana? Pertama-tama dokter akan meminta Anda untuk berbaring di meja periksa dengan posisi kedua kaki mengangkang. Dokter kemudian akan memasukkan speculum ke vagina. Speculum yaitu alat bantu untuk membuka vagina atau leher rahim, bentuknya seperti cocor bebek. Kemudian setelah speculum dimasukkan, dokter akan menorehkan sikat halus atau kapas untuk mengambil sampel sel atau lendir dari vagina . Sampel yang diambil kemudian dioleskan pada kaca gelas, kemudian dibawa ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan mikroskopis oleh dokter spesialis patologi anatomi. 

Saat speculum dimasukkan ke vagina rasanya memang sedikit ngilu. Hal itu pula yang membuat kebanyakan wanita takut untuk melakukan Pap Smear. Kebanyakan wanita berasumsi bahwa Pap Smear itu sakit. Alasan lainnya yaitu karena malu. Pemeriksaan Pap Smear memang harus memerlihatkan daerah intim kepada dokter. Kebanyakan wanita merasa sungkan bahkan walaupun dokternya adalah sesama wanita. Namun hal itu jangan menjadi suatu alasan untuk tidak test Pap Smear. Beranikan diri Anda. Sebab mengetahui ada tidaknya sel kanker pada tubuh kita secara dini sangatlah penting. Jika memang sudah diketahui lebih awal terdapat bibit kanker, maka lebih gampang disembuhkan. Jangan tunggu sampai terlambat.

Untuk biaya Pap Smear sendiri tidaklah terlalu mahal, yaitu sekitar Rp300.000,00 hingga Rp400.000,00. Namun bagi yang sudah mempunyai kartu BPJS kesehatan biaya Pap Smear gratis alias tidak bayar. Kita tinggal mendaftar saja ke laboratorium atau fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS. Syaratnya pun sangat mudah, cukup membawa kartu identitas (KK atau KTP) dan kartu BPJS tersebut.

Nah, sekarang sudah jelas kan apa itu Pap Smear. Jadi bagi wanita yang sudah menikah atau aktif secara seksual jangan menunda-nunda lagi. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Jadi buruan yang belum test Pap Smear, segera datang ke rumah sakit atau laboratorium terdekat. Semoga hasilnya negatif, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.