Berita Nasional Terpercaya

Ingin Lekas Punya Pekerjaan Seusai Wisuda? Lakukan Persiapan Ini

0

Bernas.id – Wisuda merupakan salah satu momen yang paling dinantikan seorang mahasiswa. Pencapaian gelar sarjana dengan tambahan title di belakang namanya, merupakan hal yang cukup membahagiakan. Satu hari di mana mereka telah dinyatakan lulus dan telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 di kampus pilihannya.

Namun sesungguhnya wisuda bukanlah akhir dari semuanya, melainkan awal dari segalanya. Seusai wisuda itulah tersimpan dunia yang sesungguhnya. Lebih khususnya bagi yang memilih untuk memasuki dunia kerja. Bahkan sebelum wisuda pun kamu akan menemui pertanyaan. “Kerja di mana? Kerja di perusahaan apa? Seakan-akan posisi dan tempat kerja merupakan salah satu ukuran keberhasilan seseorang.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Saat ini tiap tahunnya terdapat ribuan sarjana yang bersaing mendapatkan pekerjaan. Hal itulah yang membuat persaingan semakin ketat dan sulit. Jika kamu tidak memiliki skill yang cukup, maka akan terasa lebih sulit juga untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Bagi kamu yang saat ini sedang duduk di semester akhir atau sebentar lagi wisuda, silakan coba beberapa tips berikut ini.

1. Tingkatkan skill dasar dan perbanyak sertifikat-sertifikat pelatihan

Lulus cepat tidaklah menjaminmu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Apalagi jika kamu tidak memiliki keahlian khusus apapun, maka kamu akan sama saja dengan yang lainnya. Namun jika kamu memiliki skill khusus, maka hal itu akan menjadi nilai lebih untukmu.

Di zaman yang serba canggih ini, maka kamu pun dituntut untuk menguasai teknologi. Karena hampir semua hal ada hubungannya dengan komputer atau internet. Mulai dari open recruitmen hingga sistem marketing pun saat ini banyak melalui sistem online. Oleh sebab itu, kuasailah aplikasi dasar komputer seperti Ms Office (word, excel, power point) dengan baik, karena kebanyakan perusahaan mencari calon karyawan yang menguasai bidang ini.

Apalagi jika kamu bisa mengoperasikan aplikasi lain seperti pengedit gambar photoshop, corel draw, dan lain-lain. Selain itu juga aplikasi berbasis internet seperti website, blospot, wordpress, kompasiana, dan banyak lagi yang lainnya. Tentunya hal itu akan menambah nilai lebih bagi kamu.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Selain mengoperasikan komputer, ada juga skill dasar yang perlu dikuasai. Yaitu kemampuan berbahasa asing, lebih diutamakan bahasa Inggris. Karena banyak perusahaan yang memang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan luar negeri. Maka secara tidak langsung, banyak perusahaan yang membutuhkan calon karyawan yang ahli di bidang tersebut.

Selain menguasai beberapa skill dasar tersebut, hal lain yang bisa menjadi nilai lebihmu yaitu miliki sertifikat-sertifikat pelatihan. Apalagi berhubungan dengan posisi yang kamu inginkan. Tapi jangan hanya sertifikatnya saja, melainkan keilmuan yang terdapat di dalamnya juga pastinya. Beberapa perusahaan mempertimbangkan calon karyawan yang memiliki sertifikat pelatihan tersebut sebagai tanda bahwasanya dia memang ahli di bidang tersebut.

2. Perbanyak link atau jejaring

Mendapat pekerjaan memang tak semudah seperti yang kamu bayangkan. Maka dari itu sejak kamu masih duduk di bangku perkuliahan, aktiflah menjalin relasi dengan banyak orang terutama yang telah sukses di bidang yang kamu inginkan. Bahkan beberapa perusahaan akan menerima karyawan jika ada rekomendasi dari orang dalam perusahaan tersebut.

Maka kamu harus punya banyak kenalan orang dalam dari berbagai perusahaan untuk bisa masuk di dalamnya. Jika kamu memiliki banyak kenalan dan teman, maka akan lebih mudah juga untuk kamu mendapat informasi darinya. Jangan segan-segan bertanya mengenai informasi lowongan kerja. Karena kamu tak pernah tahu informasi apa yang bisa kamu dapatkan dari mereka.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

3. Perbanyak pengalaman organisasi, magang atau freelance

Pengalaman organisasi dapat membantumu meningkatkan skill. Banyak hal yang bisa diperoleh di dalamnya seperti leadership, maupun kerjasama tim. Yang mana hal itu pun akan kamu temui dalam dunia kerja. Selain itu jangan melewatkan kesempatan untuk magang di suatu perusahaan. Karena hal itu merupakan salah satu cara menunjukkan potensimu di hadapan kepala HRD. Jika pekerjaanmu bagus, bisa juga kamu akan direkrut menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

4. Miliki pengalaman kerja semasa masih kuliah

Ketika masih kuliah manfaatkanlah waktu luang yang kamu miliki untuk mencari pekerjaan. Bisa dengan kerja part time atau magang freelance, selama hal itu tidak mengganggu aktivitas perkuliahanmu. Selain memulai mencari pengalaman kerja, kuliah sambil kerja juga bisa manfaatkan untuk belajar hal baru dan menambah relasi pertemanan.

Pengalaman itu akan bermanfaat saat kamu mencari pekerjaan selulus kuliah. Tentunya banyak kamu temui poster-poster lowongan kerja yang bertuliskan “Dicari yang berpengalaman”. Lah kalau kamu tidak berusaha mencarinya semasa masih kuliah, lantas kapan lagi?

Baca juga: 6 Sertifikasi Akuntansi Bagi Profesi Akuntan di Indonesia

5. Manfaatkan peluang

Jangan terlalu pemilih, cobalah semua peluang yang ada. Karena terkadang kesempatan tak datang dua kali. Manfaatkan hal tersebut untuk mengasah kemampuan dan bakat yang kamu miliki serta menambah pengalaman kamu.

Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.