Berita Nasional Terpercaya

PSN Cara Paling Aman Berantas Nyamuk

0

Bernas.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di dua tempat di Kecamatan Gamping dan Kecamatan Ngaglik, Jumat 19 Oktober 2018.

Kegiatan PSN merupakan upaya antisipasi dari ancaman penyakit Demam Berdarah (DBD) karena musim penghujan yang diperkirakan tidak lama lagi

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sleman, dr Novita Krisnaeni MPh, di hadapan warga Dukuh Gejawen Wetan, Balecatur, Gamping, mengajak untuk selalu menjaga kebersihan. Terlebih ketika sudah masuk ke musim penghujan nanti, bukan tidak mungkin akan banyak genangan air yang kemudian bisa menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. Untuk itu, ia mendorong masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya agar terbebas dari ancaman penyakit DBD.

?Untuk memberantas sarang nyamuk ini, tentu kita perlu partisipasi aktif dari masyarakat,? ucapnya.

Lebih lanjut, Novita menjelaskan bahwa cara paling aman dan murah untuk menghindari DBD adalah dengan cara PSN, yaitu hanya perlu menjaga kebersihan tempat tinggal dan pekarangan rumahnya, serta memeriksa penampungan air secara rutin untuk melihat adanya jentik nyamuk atau tidak.

Menurut Novita, penggunaan fogging dalam memberantas nyamuk DBD secara terus-menerus kurang baik. ?Yang paling aman dan murah itu ya PSN. Kalo fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan jentiknya tidak ikut mati. Selain itu, fogging juga akan mematikan organisme lain, seperti serangga,? katanya.

Pada kegiatan di dua tempat tersebut menunjukkan hasil yang berbeda. Di Kecamatan Gamping, Tim Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) DBD memeriksa sebanyak 80 rumah. Dari jumlah tersebut Angka Bebas Jentik (ABJ)-nya mencapai 97,5%. Sedangkan ABJ di Kecamatan Ngaglik, yakni 79% dari total 33 rumah yang diperiksa. PSN akan kembali dilakukan Jumat (26/10) depan di Kecamatan Kalasan dan Kecamatan Depok. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.