Berita Nasional Terpercaya

Ratusan Tunagrahita dari SLB se-DIY Pawai Di Malioboro

0

Bernas.id – Ratusan penyandang tunagrahita dari berbagai SLB di DIY menunjukan kreatifitasnya dalam ajang Gelar Seni Tunagrahita (Genta) di Taman Pintar, Selasa (4/12/2018). Sebelumnya,  para tunagrahita didampingi orang tua dan siswa sekolah umum mengikuti kirab budaya dari Kepatihan menuju Taman Pintar.

Kirab tersebut mampu memukau para penonton, termasuk isteri Gubernur DIY, GKR Hemas dan isteri Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, KGBRAy Paku Alam, yang ikut menghadiri seremoni Genta ketiga Kota Jogja tersebut. Acara Genta digelar untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh tiap 3 Desember 2018.

GKR Hemas mengaku berbahagia melihat ketrampilan berkesenian para siswa. Keterbatasan menurutnya tak menghalangi para siswa untuk berkreasi dan beraktivitas.

“Saya hanya berharap pada guru-guru agar guru-guru mampu menjadi guru yg hebat pada anak-anak ini. Juga pada para orang tua, karena mereka berkebutuhan khusus, harus mendapat perhatian khusus pula,” ujar GKR Hemas yang sempat bernyanyi lagu 'Karena Cinta' bersama anak-anak tunagrahita ini.

Di Taman Pintar, ada beberapa kegiatan yang melibatkan para siswa, di antaranya drama, pantomim, tari klasik, fashion show, karawitan, dan bernyanyi. Para tunagrahita terlihat asyik tampil di panggung.

“Tujuan acara ini adalah meningkatkan kreativitas seni warga sekolah, dan masyarakat bisa lebih menghargai anak berkebutuhan khusus,” kata Panitia Genta 2018, Wisnu Satria.
(den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.