Berita Nasional Terpercaya

Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali mengeluarkan informasi terkait Gunung Merapi yang mengeluarkan lava pijar. Diinformasikan, telah terjadi 5 kali awan panas guguran di Gunung Merapi pada pukul 06.05, 06.13, 06.24, 06.25 dan 06.28 WIB dengan jarak luncur maksimum 1 Km ke arah Kali Gendol.

Erupsi berdasarkan pengamatan yang dilakukan petugas BPPTKG pada tanggal 18/02/2019 periode 00.00-06.00 WIB. “Berdasarkan data seismik,  terekam 31 kali gempa guguran dengan durasi 12-92 detik. Terpantau dari CCTV, 3 kali guguran ke arah Kali Gendol dengan jarak luncur 700-900 meter,” tulis petugas BPPTKG dilansir dari akun Twitter @BPPTKG, Senin 18 Februari 2019.

Selanjutnya, telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi pada pukul 7.32 WIB dengan jarak luncur 200 m ke arah Kali Gendol dan tinggi asap 400 meter.

BPPTKG menerangkan bahwa awan panas guguran dan guguran lava berpotensi menimbulkan hujan abu sehingga warga lereng Merapi diharap tetap tenang serta selalu mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Terkait intensitas erupsi Merapi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terutama warga masyarakat yang beraktivitas di Kali gendol dan berdekatan dengan radius 3 kilometer.

“Saat ini, intensitas guguran cukup tinggi,” katanya.

Makwan berharap dengan kewaspadaan, bila terjadi perubahan situasi yang menuju situasi kritis terjadi guguran awan panas yang lebih besar, proses penyelamatan akan lebih cepat menuju titik aman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.