Berita Nasional Terpercaya

Pameran Matahari3, Hadirkan Karya 3 Maestro Perempuan Indonesia

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Tiga perempuan seniman perupa Indonesia yang mewakili tiga generasi, Kartika Affandi, Dyan Anggraini dan Nunung WS memamerkan karya-karya mereka di Museum Seni Rupa Affandi, Jalan Laksda Adisutjipto, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembukaan Pameran bertajuk 'Matahari3' itu dilangsungkan Jumat (19/7/2019) malam. 

Direktur Museum Affandi, Helfi Artistien K Dirix menyampaikan, kegiatan pameran ini  menampilkan karya-karya dari para perempuan seniman perupa dengan alirannya masing-masing.

“Kartika Affandi menampilkan karya-karya seni instalasi tentang kehidupan bapaknya (perupa Affandi) yang terdiri atas 11 adegan, Nunung menampilkan karya-karya seni rupa beraliran abstrak dan Dyan menampilkan karya seni rupa yang mempresentasikan tubuh perempuan yang sedang mengandung,” paparnya.

Ia mengatakan, kegiatan Pameran “Matahari3” ini diharapkan dapat menggairahkan kembali kegiatan pameran di Museum Affandi yang sudah cukup lama minim acara. Dyan Anggraini, Kartika, dan Nunung WS telah hampir satu tahun penuh bekerja keras mempersiapkan karya-karya mutakhir mereka.

“Curahan kecintaan dan keyakinan mereka dalam bekerja sebagai seorang pekerja seni nampakjelas terpancar pada karya-karya yang akan dipamerkan tersebut. Tidak hanya berupa kerja-kerja yang bersifat fisik, mereka pun terlihat saling aktif berdialog dan bertukar ide gagasan untuk dapat menyajikan karya terbaik kepada khalayak,” kata Helfi.

Ia menambahan, Museum Affandi sebagai wadah kreatif bagi publik seni Yogyakarta dan sekitarnya merasa bangga karena berkesempatan menjadi tempat dipamerkannya karya-karya perupa perempuan yang jiwa senirupanya tidak dapat diragukan lagi.

Acara pembukaan pameran dimeriahkan dengan penampilan dari maestro tari Didik Nini Thowok. Pameran akan berlangsung hingga 8 Agustus 2019. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.