Berita Nasional Terpercaya

Dispar Sleman: Porda dan Peparda Sarana Efektif Promosi Wisata

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Pariwisata meluncurkan Calendar of Event (CoE) tahun 2022 dengan tema Sport Tourism, Leisure, and Wellness. Di tahun 2022, tercatat setidaknya ada 70 event yang akan dilaksanakan, baik event budaya, festival, ataupun olahraga.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ir Suparmono, MM mengatakan tema yang diangkat tidak lepas dari ditunjuknya Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah gelaran PORDA XVI dan PEPARDA III yang akan diselenggarakan pada 1-9 September 2022 mendatang.

“Kami meyakini Porda dan Peparda akan menjadi sarana promosi pariwisata yang efektif sehingga membuat Sleman akan menjadi destinasi wisata utama, khususnya di Kabupaten Sleman,” tuturnya di Ruas Bambu Nusa, Wukirsari, Cangkringan, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga Disbud Sleman Ingatkan Corat-coret Cagar Budaya Bisa Dipidana

Pram sapaan akrabnya, meyakini konsep Nyawiji atau kolaborasi menjadi strategi penting untuk menyiasati pandemi Covid-19 guna pemulihan ekonomi. “Kita perlu kolaborasi karena tercatat 70 event yang akan dilakukan di Sleman,” ujarnya.

Ia mengatakan, Nyawiji bukan berarti menjadi satu, tapi lebih dimaknai sebagai kolaborasi antarstakeholders karena tidak lepas dari perbedaan keunggulan yang dimiliki masing-masing stakeholders. “Bukankah beraneka ragam bunga yang dirangkai dengan kreatif akan memberi keindahan lebih dibandingkan satu bunga,” ungkap Suparmono.

Danang Maharsa, Wakil Bupati Sleman menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan peluncuran CoE 2022 mengingat sektor pariwisata menjadi pengungkit aktivitas perekonomian di Kabupaten Sleman. “Harapannya kunjungan dan belanja wisatawan akan semakin meningkat di Kabupaten Sleman, yang secara tidak langsung meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” tuturnya.

Danang Maharsa menuturkan, dalam penyelenggaraanya (event), ada konsekuensi yang harus disadari dan ditanggung bersama. Tidak hanya oleh Pemkab Sleman saja tetapi juga oleh para penyelenggara yang event-nya terdaftar dalam Calendar of Event.

“Kredibilitas Pemerintah Kabupaten Sleman dan penyelenggara kegiatan dipertaruhkan, sehingga event yang sudah terdaftar harus dipersiapkan dan diselenggarakan secara profesional,” ujar Danang.

Baca Juga Kesenian Kuda Lumping di Sleman Mulai Bergulir Kembali

PORDA XVI dan PEPARDA III yang akan diselenggarakan pada 1-9 September 2022 mendatang. Terkait pelaksanaan PORDA XVI, setidaknya ada 3 sport tourism event yang aalan digelar yaitu Golf Piala Gubernur (26 Maret 2022), Inline Skate Marathon(29 Mei 2022), dan Tour de Prambanan (30 Juli 2022). 

Selain itu, event Festival Van der Wijck (18-19 Maret 2022), yang merupakan event yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Jumeneng Tingalan Dalem HB X dan peringatan Hari Air Sedunia diupayakan semaksimal mungkin dapat menjadi signature event dari Kabupaten Sleman yang masuk dalam Kemilau Event Nusantara di tahun 2023 mendatang. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.