Berita Nasional Terpercaya

Cari Modal Usaha? Coba Manfaatkan Peluang dari Pemerintah Ini

0

Bernas.id ? Ingin membuat sebuah bisnis tentunya membutuhkan modal berupa uang. Mengumpulkan modal dari kantong pribadi bisa saja dilakukan, tapi ada pula orang yang tak memiliki modal. Jangan khawatir, pemerintah sebenarnya mengalokasikan dana untuk mendukung usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

Pemerintah memiliki gerakan kewirausahaan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia. Tujuannya untuk menggerakkan dan mengembangkan perekonomian. Bagaimana caranya agar mendapatkan pinjaman modal dari pemerintah?

1. Proposal  menarik

Buatlah proposal UMKM yang akan digeluti dengan bahasa, konsep, atau gambar yang menarik perhatian pemerintah. Teliti proposal sebelum dikirim kepada pemerintah yakni kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Dinas Koperasi dan UMKM. Kalau bisa, mintakan saran dari teman atau keluarga tentang proposal yang diajukan.

Baca Juga Ingin Penghasilan Bertambah Walaupun Anda Tidur? Ini Bisnis yang Cocok

2. Luangkan waktu datangi kantor dinas setempat

Ingin mendapat modal besar dari pemerintah? Sebaiknya, Anda meluangkan waktu untuk mendatangi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) atau Dinas Koperasi dan UMKM setempat. Anda bisa langsung mencari informasi peminjaman modal dari instansi itu. Tanyakan apakah ada dana hibah yang sesuai dengan usaha Anda.

3. Ikuti pameran yang digelar pemerintah

Mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah bisa Anda lalukan sembari melihat-lihat potensi bisnis UMKM yang berkembang di tengah masyarakat. Anda juga bisa memamerkan usaha Anda dengan cara mendaftar stand dan ikut menyemarakkan pameran yang diselenggarakan pemerintah. Pasalnya, akan ada banyak pejabat yang datang untuk melihat stand-stand dan berbelanja. Siapa tahu Anda beruntung mendapat banyak penghasilan dari hasil membuka stand.

Baca Juga 3 Peluang Bisnis/Usaha yang Dapat Dikerjakan dari Desa

Leave A Reply

Your email address will not be published.