Berita Nasional Terpercaya

Gedung DPRD Ginungkidul Disemprot Desinfektan Jelang Sidang Paripurna LKPJ Bupati

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul melakukan penyemprotan desinfektan di kantor dinas pelayanan publik, Jumat, (20/03/2020). Selain kantor dinas, Gedung DPRD Gunungkidul juga dilakukan hal yang sama sekaligus sebagai antisipasi jelang rapat paripurna LKPJ Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih menjelaskan, kegiatan penyemprotan desinfektan dimaksudkan untuk memastikan area gedung dan kantor DPRD aman dari penyebaran Covid-19. Selain itu, hal tersebut untuk antisipasi menjelang dilakukannya sidang paripurna LKPJ Bupati 2019 pada Senin, (23/03/2020) mendatang.

“Kita sudah koordinasikan bersama Forkopimda, apakah sidang paripurna yang menghadirkan tamu sekitar 200 orang nanti tetap dilaksanakan atau ditunda. Hasil koordinasi bersama Bupati disepakati, sidang LKPD tetap dilaksanakan tetapi dengan screening sesuai standar Dinas Kesehatan. Ini sebagai antisipasi kita untuk mencegah penyebaran virus corona,” ujar Endah.

Disinggung mengenai lawatan sejumlah Anggota Dewan yang saat ini melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Jawa Timur, Endah menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan surat edaran yang berisi pokok himbauan agar semua anggota dewan taat pada SOP yang ditetapkan Dinkes. Kejadian viral di wilayah Blora terkait peristiwa anggota dewan enggan menjalani pemeriksaan oleh petugas kesehatan, diharapkan Endah hal tersebut tidak akan terjadi di Gunungkidul.

“Kami akan koordinasikan dengan Dinkes karena beliau-beliau ini wajib hadir untuk memenuhi forum dalam rapat paripurna dan ini adalah kunjungan kerja terakhir, setelah ini kita musyawarahkan dengan Banmus untuk tidak melakukan kunjungan kerja sampai batas waktu yang ditentukan, termasuk kami tidak akan menerima tamu untuk kunker dari wilayah luar daerah,” terang Politisi PDIP ini.

Mengomentari destinasi wisata Gunungkidul yang hingga saat belum ada kebijakan lockdown, Endah menyampaikan, DPRD akan senantiasa mendukung kebijakan dari Pemda dan tentunya sesuai instruksi Gubernur DIY.

“Kita menunggu dari Gubernur, jadi kalau surat instruksi dari Gubernur menyampaikan apa tentu Pemda akan melakukan hal sama, DPRD juga akan meberikan dukungan yang sama,” jelasnya. (sad)

Leave A Reply

Your email address will not be published.