Berita Nasional Terpercaya

Lakukan Olahraga yang Sesuai dengan Umur Anda

0

HarianBernas.com – Sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh setiap hari, namun Anda juga harus rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Saat ini, cukup banyak berbagai macam olahraga yang bisa Anda lakukan berkelompok atau perorangan. Tentu saja semua jenis olahraga tersebut memiliki dampak yang positif untuk kesehatan tubuh. Namun apabila Anda salah dalam berolahraga, maka dampak positif dari olahraga tidak akan tersampaikan pada kesehatan tubuh.

Apalagi jika Anda tidak melakukan persiapan yang matang sebelumnya. Bukannya menjadi sehat, namun olahraga bisa berakibat fatal bagi tubuh Anda.

Lalu olahraga yang seperti apa yang cocok bagi Anda? Olahraga yang seperti apa yang tidak menimbulkan efek samping? Berikut ulasannya.

1. Untuk usia 20 tahun

Bagi Anda yang masih berusia sekitar 20 tahun, maka Anda masih merupakan seseorang yang sangat aktif dan memerlukan banyak energi. Sehingga tubuh Anda akan terbiasa apabila Anda banyak bergerak. Bagi Anda yang masih berusia 20 tahunan, maka sangat cocok untuk berolahraga atau beraktivitas fisik yang memiliki durasi panjang dan banyak gerak. Misalnya marathon, bersepeda, basket, fitness, renang, olahraga bola, bulutangkis, dan berbagai olahraga aktif lainnya. Bagi Anda yang masih berusia muda, sangat cocok untuk melakukan olahraga yang membutuhkan daya tahan fisik yang kuat dan stamina yang tinggi.

2. Untuk usia 30 tahun

Apabila Anda sudah berusia kepala tiga, sebenarnya Anda bisa melakukan olahraga seperti usia kepala dua. Hanya saja Anda harus pintar-pintar memilih nya. Beberapa olahraga yang masih bisa Anda lakukan secara aktif adalah berenang, bersepeda, dan lari. Namun panjangnya lintasan dan durasi yang Anda ambil tentu saja tidak bisa sebanyak ketika Anda berusia kepala dua.

Tidak ada salahnya apabila Anda memilih tenis dan badminton untuk aktivitas berolahraga. Hanya saja Anda harus terbiasa untuk melakukan olahraga tersebut sebelumnya. Ketika usia Anda memasuki kepala tiga, sebenarnya Anda tidak perlu merubah cukup banyak jenis olahraga Anda. Anda hanya perlu merubah pola hidup Anda menjadi yang lebih baik.

Perhatikan berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan Anda harus memiliki gaya hidup yang sehat dengan tidak merokok, tidak minum minuman keras, tidak begadang, dan tidak terlalu sering terpapar sinar radiasi yang berasal dari komputer, tv, smartphone, dan berbagai alat elektronik lainnya.

3. Untuk usia 40 tahun

Apabila usia Anda sudah memasuki kepala empat, maka terdapat beberapa olahraga yang tidak bisa Anda lakukan. Apabila Anda ingin melakukan berbagai olahraga yang dilakukan oleh mereka yang berusia sekitar 20 sampai 30 tahun, Anda sudah harus terbiasa untuk melakukan olahraga tersebut. Sehingga kelenturan dan tenaga yang dimiliki oleh tubuh Anda bisa melakukan berbagai gerak yang diperlukan seperti lompat dan lari. Namun apabila Anda belum terbiasa untuk melakukan olahraga tersebut, maka jangan memilih olahraga yang gampang menimbulkan kelelahan seperti jogging dan bersepeda.

Ketika Anda melakukan berbagai olahraga atau aktivitas fisik, Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda sudah melakukan penyesuaian untuk menjalankan olahraga dan aktivitas fisik detik tidak usah terburu-buru untuk melakukan olahraga, yang penting Anda melakukannya secara rutin. Disarankan untuk melakukan pemanasan sesaat sebelum olahraga. Hal ini bertujuan untuk melemaskan otot agar otot tidak kaku dan kaget. Sayangnya, banyak orang masih enggan untuk melakukan pemanasan karena dianggap hal sepele dan tidak penting.

Leave A Reply

Your email address will not be published.