Berita Nasional Terpercaya

Gemar Minum Teh? Anda Harus Waspada Bahayanya, Nomor 4 Mengerikan

0

Bernas.id – Gaya hidup masyarakat pada saat ini, lebih gemar menjadikan teh sebagai minuman pelepas lelah setelah beraktivitas dan menemani di saat santai. Sebenarnya teh dapat dikonsumsi setiap hari, jika dikonsumsi secara wajar atau sesuai aturan. Teh dapat ditemukan di kedai makanan umum dan restoran. Teh memiliki aroma yang unik menyegarkan dan memiliki cita rasa yang membangkitkan semangat dan konsentrasi. Teh juga bisa dipadukan dengan berbagai macam paduan seperti susu, air lemon ataupun jahe sebagai penghangat. Minum teh sudah menjadi salah satu gaya hidup dan tradisi masyarakat di indonesia yang dapat dinikmati dalam berbagai waktu baik siang maupun malam. Kenikmatannya membuat seseorang merasa ingin kembali menikmatinya di hari-hari berikutnya.

Kandungan senyawa pada teh:

  • Senyawa kafein
  • Zat Flouride
  • Asam amino l-theanine
  • Senyawa myricetin
  • Senyawa kaempfro
  • Senyawa quercetin
  • Polifenol yang didalamnya terdiri dari zat katekin dan galloutchinc

Berikut gejala awal akibat minum teh berlebihan :

  • Mual
  • Buang air besar sulit
  • Susah tidur
  • Kurangnya nafsu makan
  • Jantung berdebar kencang

Berikut 5 gejala yang dapat terjadi dan bisa membahayakan kesehatan pada tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Antara lain:

1. Gangguan kesehatan janin

Pada ibu yang sedang hamil, baiknya menghindari minum teh. Teh mengandung senyawa kafein yang dapat memicu penegangan dan kontraksi pada rahim yang terjadi secara berulang ulang, sehingga dapat menyebabkan bayi lahir lebih awal atau lahir prematur.

2. Munculnya batu ginjal

Senyawa oxalate di dalam teh dapat menumpuk, lalu mengendap di jaringan ginjal. Apabila jika dibiarkan saja dapat mempercepat pembentukan batu ginjal pada tubuh.

3. Serangan jantung

Bagi orang penderita gagal jantung, jika minum teh secara berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh arteri jantung. Teh juga bisa menyebabkan denyut jantung menjadi tidak beraturan dan dapat memicu serangan jantung mendadak.

4. Menyebabkan Alzheimer Osteofluorosis

Minum teh setiap hari sangat berbahaya. Dalam jangka panjang dapat memicu adanya kerusakan pada jaringan otak dan dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit pikun atau Alzheimer osteofluorosis. Di mana orang tersebut akan mengalami keterlambatan berpikir, tidak mampu dalam menyusun informasi, kesulitan dalam mengingat bahkan kehilangan daya ingat.

5. Kerusakan jaringan hati

Kandungan yang dimiliki seperti kafein dan senyawa lain pada teh dapat merusak pembuluh darah seputar liver yang dapat menimbulkan iritasi dan penyumbatan pada aliran darah menuju hati. Akibatnya kinerja hati menjadi terganggu dan tidak lancar.

Produk teh memang memiliki banyak pilihan dan dengan mudah dapat dicari di berbagai toko atau supermarket, Namun, masyarakat masih banyak yang suka membanding-bandingkan jenis teh satu dengan teh yang lainnya dan beranggapan pilihannya adalah yang terbaik. Pada dasarnya  kandungan senyawanya sama dan memiliki efek buruk dan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari secara berlebihan (lebih dari 7 gelas). Supaya manfaat teh semakin baik dirasakan oleh tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan, maka dapat di tambahkan dengan susu, jahe atau lemon. Selamat menikmati!

Leave A Reply

Your email address will not be published.