Berita Nasional Terpercaya

Anak Susah Makan? Kenali 3 Ciri Berikut dan Temukan Solusinya Agar Lahap Makan

0

Bernas.id – Anak Mama sedang GTM atau yang sering disebut Gerakan Tutup Mulut. Pasti Mama khawatir dengan kondisi nutrisi anak. Banyak penyebab anak tidak mau makan. Salah satunya anak sedang sakit, pastinya nafsu makan berkurang.

Coba Mama lihat tumbuh kembangnya dari mulai lingkar kepala, tinggi badan dan berat badan. Jika tidak sesuai dengan buku panduan KIA, maka Mama harus melakukan pengamatan dengan kondisi anak. Mengenali penyebab anak GTM merupakan langkah dini untuk menyelesaikan masalah pemenuhan gizi, seperti dilansir sehat.com. Kenali tiga ciri anak GTM dan solusinya agar lahap makan.

1. Anak sakit

Jika kondisi anak tidak fit maka yang terjadi nafsu makan menurun. Hal ini umum terjadi karena anak sedang sakit. Mama bisa memberikan makanan yang mudah dicerna dan tetap mengandung nilai gizi. Anak harus tetap makan meskipun sedang sakit. Pemberian makanan dalam bentuk jus atau bubur lebih disarankan untuk anak dalam kondisi sakit.

2. Anak tumbuh gigi

Gusi yang bengkak disebabkan tumbuh gigi ini membuat anak akan GTM. Hal alami akan membuat nafsu makan anak menurun. Meskipun waktu tumbuh gigi ini relatif singkat, Mama tetap harus memantau nutrisi yang masuk untuk anak. Pilihlah makanan yang mudah dicerna dengan tekstur yang lembut. Makanan dingin juga di sarankan untuk mengurangi rasa nyeri gusi yang akan robek karena tumbuh gigi.

3. Terlalu banyak camilan

Cemilan memang baik untuk anak tapi jika terlalu banyak maka akan menggangu makan utama. Mama evaluasi ulang jatah camilan untuk anak. Cukup sehari satu atau dua kali untuk mengonsumsi makanan ringan. Namun, lain halnya jika camilan anak berupa makanan berat. Pastinya anak sudah kenyang dari mengkonsumsi cemilan.

Jika penyebab masalah GTM pada anak terdeteksi, kemudian segera ditangani maka efeknya pasti anak akan segera lahap makan. Semoga Ananda sehat selalu ya, Mama!

Referensi: www.sehat.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.