Berita Nasional Terpercaya

Agar Tidak Kalap Saat Belanja Daring? Simak Tipsnya. Nomor 2 Sering Terlupa!

0

Bernas.id – Belanja daring, siapa yang tidak suka? Apalagi di era digital seperti saat ini segala macam produk dan jasa telah disuguhkan di depan mata. Aktivitas belanja daring bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Begitu mudah, tanpa harus berpindah dari kursi duduk, tanpa harus mengantri, tanpa capek dan tanpa ribet. Hanya dengan memencet tombol beli dan beberapa kali klik melalui gawai dalam genggaman, kita sudah bisa mendapatkan berbagai macam barang kebutuhan.

Dimanjakan oleh teknologi memang menyenangkan, namun kadang kita terlena dan kita tidak sadar sudah mengeluarkan budged banyak untuk barang-barang yang dibeli. Parahnya, tidak sedikit orang yang kebablasan menggunakan anggaran lain yang juga terpakai untuk berbelanja daring.

Belanja di dunia maya yang berlebihan dan tidak bijaksana sudah bukan zamannya. Simak tips jitu agar tidak kalap saat berbelanja daring.

1. Buat Daftar Belanja

Untuk menghindari pembelian barang-barang yang tidak diperlukan, buatlah daftar belanja terlebih dahulu. Catat barang yang diperlukan kemudian cari di toko daring. Jangan terpancing untuk melebihi batas dari daftar belanjaan.

2. Belanja Online Bukan Pelampiasan

Berselancar di toko maya saat suasana hati kurang baik justru akan memicu keinginan untuk memuaskan diri, melampiaskan kekesalan pada belanja. Boleh jadi rasa kesal akan hilang begitu memencet tombol beli, tapi perasaan itu akan datang lagi saat mood menjadi buruk.

3. Kartu Kredit? Baiknya pilih metode pembayaran lain !

Banyak metode pembayaran yang bisa digunakan untuk bertansaksi daring. Mulai dari transfer antar bank melalui ATM, layanan direct debit sampai menggunakan kartu kredit. Kita tahu bahwa kartu kredit tidak mengeluarkan uang di muka. Oleh karena itu, penggunaannya rentan membuat orang jadi lupa diri saat berbelanja. Lalu tagihan bulanan telah menumpuk menjadi banyak. Untuk meminimalkan hasrat belanja daring yang berlebih, ada baiknya memilih metode pembayaran lain selain menggunakan kartu kredit.

4. Hindari Memakai Aplikasi Toko Online

Ingin meminimalisir akses menuju toko daring? Jangan pasang aplikasi online shop atau yang berhubungan dengan belanja daring ke dalam gawai. Ikon-ikon toko daring seperti magnet yang menarik hingga kita jadi tergoda untuk memencetnya. Tanpa sadar kemudian kita mencari barang-barang belanjaan sampai puas. Maka, Belanjalah saat diperlukan dengan menggunakan browser di layar gawai kita.

5. Belanja Online Sendirian

Seringnya kita tidak sadar bahwa mengajak orang lain belanja daring atau sekedar berselancar di toko maya akan memancing hasrat untuk menginginkan banyak barang. Belanjalah seorang diri.

Itulah tips-tips saat belanja daring. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.