Berita Nasional Terpercaya

Mama, Terapkan Tips Mencegah Sibling Rivalry Ini Demi Kebaikan Anak

0

Bernas.id – Hai Mama, pusing lihat anak-anak tiap hari berantem? Padahal jarak antara kakak dan adik lumanyan jauh.

Coba Mama ingat-ingat lagi saat hamil, sudahkah kakak dikenalkan dengan adik bayi? Adik bayi dalam kandungan juga harus dikenalkan dengan kakaknya, yang akan menjadi partner dalam bermain ketika sudah lahir. Jika Mama belum memperkenalkan mereka, maka sekarang saatnya Mama memfasilitasi agar mereka saling menyayangi satu sama lain.

Yuk simak tipsnya agar kakak dan adik terhindar dari sibling rivalry!

1. Kenalkan kakak dan adik

Pastinya dah kenal dong, mereka saudara gitu. Mama mau gak sayang sama seseorang yang baru ketemu? Pastinya gak maulah ya? Jadi kenalkan mereka berdua dengan cara, sering sebut nama dan posisi mereka sebagai kakak atau adik. Ceritakan pada kakak tentang asiknya punya adik.

2. Bermain bersama

Menyenangkan jika kakak dan adik sedang main bersama dan harus diawasi Mama. Pilihlah mainan yang bisa dimainkan oleh kakak dan adik. Misalnya petak umpet, main air, lempar tangkap bola dan ciluk ba. Pastinya Mama juga akan ikut main biar tambah kompak gitu.

3. Libatkan kakak dalam pengasuhan adik

Mama bisa minta tolong kakak untuk mengambilkan diapers untuk adik saat mau ganti baju. Kakak juga pasti bisa makan bersama adik, dan Mama jangan melarang ketika kakak ingin menyuapi adik. Pastinya berantakan ya ma, tapi menyenangkan, lho!

4. Tanamkan ilmu agama

Lebih dini mengenalkan ilmu agama pada anak itu sangat baik untuk perkembangan jiwanya. Maka dari itu Mama bisa membina tali persaudaraan mereka dengan bekal ahlak yang baik sesuai perintah agama.

Selamat mendidik anak-anak dengan penuh cinta ya, Mama. Semoga Mama memiliki anak-anak yang cerdas, sehat dan rukun selalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.