Berita Nasional Terpercaya

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Risaukan Penilaian Buruk Orang Lain Terhadapmu

0

Bernas.id – Hidup di dunia dengan serba-serbinya, manusia merupakan obyek dari segala obyek yang sangat menarik untuk dibahas. Setiap orang hidup dikelilingi oleh hal yang bermacam-macam. Karakter, perilaku, latar belakang dan tak jarang menjadi buah bibir bagi orang lain. Be yourself memang sebuah ungkapan yang tepat saat kamu berada di lingkungan sosial.

Setiap gerak gerikmu akan selalu ada yang memperhatikan. Baik ataupun buruk tidak akan menjadi batasan bagi orang lain untuk memberikan komentarnya. Bukan masalah jika komentar yang dilayangkan padamu adalah sebuah komentar positif ataupun sebuah kritikan yang membangun demi kebaikan dirimu, lalu bagaimana jika itu adalah komentar buruk, padahal komentar tersebut sama sekali tidak benar nyatanya?

Inilah beberapa alasan mengapa kamu tidak perlu risaukan segala penilaian buruk orang lain terhadapmu.

1. Sudut pandang orang yang sempit

Pikiran seseorang sangat terbatas, cara mereka berkomentar tentu hanya dengan sebuah pertimbangan yang dangkal. Alhasil komentar yang menunjuk padamu hanyalah sebuah komentar yang tidaklah penting. Kebanyakan komentar dari orang lain adalah karena ujaran kebencian atau adanya rasa iri dengki terhadap kamu. Apapun yang kamu lakukan tidak akan membuat mereka absen untuk berkomentar. Tetaplah berjalan tanpa memusingkan komentar tersebut.

2. Hidup terlalu sia-sia untuk memikirkan penilaian buruk random dari orang lain

Selama kamu bernafas, tidak akan habis orang yang akan membicarakanmu. Bahkan orang yang tidak mengenalmu-pun akan seenaknya saja menghakimi siapa dirimu, bagaimana kamu, dan apapun tentangmu. Lanjutkan saja hidupmu sebab akan sangat membuang waktu saat kita terlalu memedulikan gunjingan mereka.

3. Orang hanya mengetahui sisi luar saja

Karakter seseorang akan sangat sulit untuk dipahami saat belum mengenalnya. Hal yang sangat mudah untuk dinilai adalah melalui perilaku dan tutur kata. Apa yang tampak di permukaan itulah yang akan menjadi bahan penilaian orang lain terhadapmu. Tidak peduli bagaimana pun keadaanmu, senang ataupun sedih, orang akan seenaknya saja menilaimu. Jadi untuk apa mempedulikan komentar mereka saat mereka tidak tahu apa yang ada di dalam hati kamu yang sebenarnya.

4. Hidup ini milikmu, baik buruknya kamu yang tahu

Selama kamu yakin apa yang kamu lakukan tidak merugikan orang lain dan berada pada koridor yang tepat, jangan takut untuk melangkah. Orang lain akan senantiasa membicarakamu dibelakang atau bahkan secara terang- terangan di depanmu. Tapi apa gunanya, selama kamu tahu baik dan buruknya dirimu, kamu tidak perlu mundur.

5. Mengikuti pendapat mereka akan membuatmu kehilangan jati diri

Selain membuang waktu, mengikuti pendapat orang lain justru akan membuatmu merasa kebingungan. Kamu tidak bisa memutuskan apa yang harus kamu lakukan sebab kamu selalu merasa bahwa orang lain menilaimu salah. Saat seperti ini terjadi kamu tidak akan bisa melangkah kemanapun karena takut akan penilaian buruk mereka dan kamu tidak akan pernah bisa berkembang menjadi sosok yang layak. Jika kamu tidak menghentikan kebiasaanmu menanggapi penilaian buruk mereka, tentu kamu sendiri yang akan menanggung kerugian yang sangat besar, yakni kehilangan jati dirimu.

Jadi biarkanlah hidupmu berjalan sesuai apa yang kamu kehendaki, namun jangan pernah merugikan orang lain. Mereka yang sibuk dengan menghakimi orang lain tidak akan pernah melangkah maju namun justru tertinggal di belakangmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.