Berita Nasional Terpercaya

Pasien Ini Dioperasi Karena Kakinya Kemasukan Benda yang Bisa Meledak

0

Bernas.id ? Melakukan operasi untuk mengeluarkan benda yang tersangkut di tubuh bukanlah hal yang baru. Namun bagaimana jika yang menyangkut di tubuh seorang pasien adalah benda yang bisa meledak? Hal itulah yang menimpa pasien asal Texas ini.

Live Science mengabarkan kalau pada bulan Januari 2017 silam, seorang pria dilarikan ke unit gawat darurat setelah pabrik kembang api tempatnya bekerja mengalami insiden ledakan. Hasil pemotretan memakai sinar X menunjukkan kalau di kaki sang pasien, terdapat kembang api yang sewaktu-waktu bisa meledak.

Karena cedera yang menimpa sang pasien dianggap terlalu berbahaya untuk dioperasi dengan cara biasa, pria berusia 44 tahun tersebut kemudian ditransfer ke rumah sakit militer San Antonio.

?Saat Anda mendengarnya, ya, itu bisa jadi sesuatu yang sifatnya mudah meledak. Jadi tentunya setiap orang merasa sedikit tegang,? kata Lane Thaut yang menangani operasi ini.

Untuk meminimalkan dampak negatif yang mungkin bakal timbul jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, operasi pada pria ini dilakukan di ruangan yang jauh dari ruangan pasien lainnya. Tim pemadam kebakaran dan penjinak bom juga didatangkan menjelang dilakukannya operasi.

Atas saran dari anggota pemadam kebakaran, luka tempat kembang api menancap disiram dengan air supaya pemicu ledak pada petasan tidak bisa menyala. Dokter juga diminta melakukan operasi tanpa menggunakan perangkat panas bertenaga listrik.

Operasi untuk mengeluarkan petasan tersebut berjalan dengan sukses. Setelah berhasil mengeluarkan petasan, dokter kemudian memasangkan batang logam pada tulang paha supaya bagian tulang yang patah bisa pulih seperti sedia kala. Dua minggu sesudah operasi, pria tersebut dinyatakan sudah cukup sehat dan diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.