Berita Nasional Terpercaya

Inilah Alternatif Cerdas Investasi Gemilang Sebelum Anda Berumur 30-an

0

Bernas.id – Usia Anda sudah mulai masuk angka 30-an? Investasi apa saja yang sudah Anda capai sampai saat ini?

Jika masa produktif Anda sia-siakan untuk gaya hidup boros, pasti saat ini sedang menyesal. Investasi untuk kalangan usia produktif di saat masih muda merupakan tonggak awal, sebelum menuju kesuksesan Anda saat memasuki usia 30-an. Investasi juga harta karun terpendam untuk masa depan yang membutuhkan banyak hal yang Anda perlukan, misalnya pernikahan, pendidikan, dan kesehatan.

Baca juga: Inilah 7 Daftar Aplikasi Investasi Resmi Versi OJK

Namun, hati-hati dengan investasi bodong. Jangan terlalu mudah percaya dengan peningkatan nilai investasi yang fantastis. Pilihlah investasi yang aman dan mudah untuk dapat nilai lebih, untuk kelancaran investasi Anda harus pilih sendiri agar prosesnya berjalan dengan lancar. Berikut ini ada 7 pilihan investasi yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Emas Batangan

Anda yang mempunyai modal sedikit, pulihlah emas batangan sebagai investasi awal. Karena harga emas yang cenderung stabil jika ada kenaikan atau penurunan harga tidak terlalu signifikan. Anda bisa menabung emas di bank emas, keuntungannya bisa langsung diambil. Investasi emas merupakan idola dari zaman dahulu orang suka berburu emas.

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia 2021

 

2. Deposito

Deposito merupakan investasi paling aman, mudah dan cepat menguntungkan. Jangka waktu deposito Anda bisa tentukan sendiri dari mulsi enam bulan sampai setahun. Bunga deposito lebih tinggi daripada bunga di tabunngan bisa dan risiko menyimpan uang yang lebih aman. Anda bisa menjadikan deposito sebagai tabungan jangka menengah untuk keperluan pendidikan anak misalnya, sehingga keuangan semakin tertata dan teratur. Anda tidak khawatir uang akan cepat habis jika di deposit.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

 

3. Tabungan di Bank

Investasi dengan tabungan di bank ini bisa dilakukan Anda semenjak usia 5 tahun. Latih anak-anak Anda untuk segera investasi dengan cara menabung di bank. Hal ini cara paling mudah untuk melatih anak sedini mungkin untuk belajar investasi. Dari pada melatih anak untuk berbelanja maka hal ini sangat positif. Cara yang mudah untuk berinvestasi melalu tabungan bank meskipun dengan bunga yang lebih kecil.

Baca juga: Mengenal IHSG, Cara Membaca, Jenis, Manfaat, dan Istilah Terkait

 

4. Reksa dana

Reksa dana adalah investasi yang dikelola satu orang atau kelompok orang. Reksa dana dilakukan dengan menghimpun dana secara kolektif sebelum disalurkan ke beberapa pilihan investasi seperti investasi saham. Dalam hal ini, ada sosok manajer investasi yang akan mengaturnya. Adapun soal keuntungannya, Anda tidak perlu takut akan rugi, reksa dana cocok untuk pemula yang baru saja ingin berinvestasi.

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

 

5. Menanam Saham di Perusahaan Terbuka

Investasi berikutnya adalah dengan menanam saham di perusahaan terbuka atau perusahaan publik. Jangan ragu untuk mencari tahu perihal menanam saham di perusahaan tersebut. Ciri perusahaan terbuka ini biasanya memiliki nama belakang Tbk. Perusahaan ini rata-rata punya 300 pemegang saham, Anda bisa menjadi salah satunya.

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

 

6. Bisnis Properti

Anda mempunyai modal yang banyak? Pilihlah bisnis properti untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Bisnis properti dengan rumah atau apartemen merupakan investasi yang memiliki keuntungan sangat tinggi. Jika Anda mempunyai rumah atau apartemen bisa kembali dijual dengan kenaikan yang tinggi. Properti juga bisa disewakan untuk sementara waktu.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

 

7. Investasi Pendidikan

Jika Anda sudah miliki buah hati maka saatnya memikirkan investasi pendidikan. Biaya pendidikan semakin mahal tiap tahunnya, maka dari itu Anda harus sedini mungkin menyiapkan investasi pendidikan untuk anak-anak. Jika sudah disiapkan sedini mungkin maka Anda tidak perlu khawatir jika ada biaya tak terduga lainnya yang harus mengeluarkan banyak dana.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Sebagai pemula, sebaiknya Anda memgawali berinvestasi pada emas batangan, deposito dan tabungan. Namun, jika Anda sudah ahli dalam membaca pasar saham maka tidak ada salahnya mencoba investasi yang sangat menguntungkan.

Selamat berinvestasi, semoga hidup Anda sukses selalu!

Referensi: www.cermati.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.