Berita Nasional Terpercaya

Seragam SD Rancangan Armani Hebohkan Jepang

0

Bernas.id  – Sebuah sekolah dasar di Jepang mendapat kritikan keras dari publik. Itu terjadi setelah SD tersebut mengumunkan rencana mengadopsi seragam yang didesain oleh rumah mode Italia, Armani.

Seperti dikutip dari BBC Sabtu (10/2/2018), sekolah dasar yang terletak di Tokyo itu berencana mengajukan rencana pembuatan seragam baru yang dibanderol seharga 80.000 yen atau sekitar Rp 9,9 juta per potongnya.

Para orang tua siswa memprotes keras rencana itu, dan bahkan akan melaporkannya ke parlemen Jepang.

Taimen, nama sekolah dasar tersebut, merupakan sebuah sekolah swasta yang berlokasi di Ginza, distrik yang dikenal sebagai kawasan termahal di seantero Jepang.

November tahun lalu, sekolah ini mengirim surat pemberitahuan kepada orang tua siswa tentang tentang rencana mengganti desain seragam, tulis laporan yang dimuat di laman Huffington Post edisi Jepang.

Baca juga Di Jepang, Pembentukan Karakter Lebih Penting Dibandingkan Calistung

Kebijakan itu dimaksudkan untuk menjadikan para siswa Sekolah Dasar Taimen tampil lebih berkelas, mengingat reputasinya yang dikenal sebagai salah satu sekolah dasar terbaik di Negeri Matahari Terbit.

Rencana itu memicu lima buah protes keras yang dilayangkan langsung ke pihak sekolah. Kebijakan ini juga menuai kritik tajam dari para netizen saat salinan surat pemberitahuannya bocor ke media sosial.

Walaupun pemerintah Jepang sejatinya tidak mewajibkan pemakaian seragam, namun cukup banyak sekolah yang menerapkan aturan terkait, terutama sekolah-sekolah swasta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.